Penjualan Online Naik 480% selama Pandemi Covid-19

Michelle Natalia, Jurnalis · Senin 05 Oktober 2020 15:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 05 455 2288689 penjualan-online-naik-480-selama-pandemi-covid-19-qZbgygAyzI.jpg Belanja Online (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika mencatat transaksi penjualan secara digital atau online terus meningkat di tengah pandemi Covid-19.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate mengatakan, peningkatan transaksi digital ini diakibatkan oleh bergesernya tren konsumen di masa kedaruratan kesehatan ini.

"Karena penjualan secara digital dinilai lebih menjanjikan ketimbang konvensional," ujar Johnny dalam diskusi virtual, Senin (5/10/2020).

Baca Juga: 6 Cara Budidaya Bayam Merah di Halaman Rumah

Dia mendorong sebanyak mungkin pelaku UMKM untuk memasuki ekosistem digital. Terlebih dia menilai masih rendahnya jumlah pelaku UMKM domestik yang memanfaatkan bisnis secara digital.

"Merespons peluang tersebut, pemerintah terus mengupayakan program pendampingan UMKM/UMi untuk melakukan perluasan aktivitas bisnis ke ruang-ruang digital atau yang disebut dengan digital onboarding. Aspek ini harus dioptimalkan, mengingat jumlah UKMM go-online baru menyentuh angka 9,4 juta atau sekitar 14,6% dari jumlah UMKM secara nasional," paparnya.

Baca Juga: Kisah Sonya, Penjual Kripik yang Terus Berinovasi Saat Pandemi Belum Selesai

Dia menambahkan pada April lalu transaksi dagang online meningkat sebesar 480% dibandingkan Januari.

"Dengan adanya pandemi Covid-19 tidak sedikit kegiatan terdampak oleh kebijakan pembatasan fisik dan sosial (PSBB). Namun penjualan online lebih baik dibandingkan usaha masih berbasis pada konvensional atau offline dengan pendekatan," tukasnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini