4 Cara Budidaya Buah dari Surga di Rumah

Safira Fitri, Jurnalis · Senin 05 Oktober 2020 09:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 05 470 2288441 4-cara-budidaya-buah-dari-surga-di-rumah-PQrPoe5fiT.jpg Buah Tin. (Foto: Okezone.com/Kementan)

JAKARTA - Pohon ara atau tin saat ini banyak dibudidayakan penghobi tanaman. Selain memiliki cita rasa yang manis dan segar, buah tin memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Banyak disebutkan pula, berdasarkan pengetahuan masyarakat, buah tin merupakan salah satu buah yang turun dari surga.

Oleh karena itu, berikut ini adalah cara bagaimana membudidayakan buah tin bagi pemula sebagaimana dijelaskan dalam laman Instagram @kementerianpertanian, Jakarta, Senin (5/10/2020).

Baca Juga: 7 Cara Pilih Furnitur Ramah Lingkungan untuk Rumah

Pertama, bibit.

Terdapat tiga cara mendapatkan bibit pohon tin, mulai dari biji, stek batang, atau sistem cangkok. Untuk pemula, disarankan untuk memilih bibit dari stek batang dan cangkok.

Kedua, media tanam.

Media tanam pohon tin bisa memanfaatkan pot. Isi pot dengan tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Kemudian, buat lubang tanam sedalam 50 hingga 60 sentimeter.

Ketiga, perawatan.

Bibit yang tumbuh bisa dimasukkan ke dalam pot yang sudah disediakan, berikut dengan tanah maupun pupuk kandang. Pohon tin tidak terlalu sering disiram, hanya cukup 2 hingga 3 kali dalam seminggu. 

Baca Juga: 9 Kiat Renovasi Rumah di Tengah Ancaman Resesi

Keempat, panen.

Panen buah tin saat tanaman berusia 4 hingga 5 bulan. Pada musim kemaraun, buahnya akan lebih banyak dan lebih cepat matang.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini