BLT Subsidi Gaji Tahap 5 Cair Besok

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 06 Oktober 2020 18:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 06 320 2289413 blt-subsidi-gaji-tahap-5-cair-besok-Nb18xgJeuy.jpg Uang Rupiah (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Kementerian Ketenagakerjaan memastikan pencairan bantuan langsung tunai (BLT) subsidi gaji akan dilakukan pada esok hari. Ini merupakan pencairan subsidi pada batch kelima yang dilakukan pemerintah.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan, pihaknya sudah menerima data 600.000 pekerja sejak 30 September 2020 lalu. Saat ini masih dilakukan checklist oleh Kementerian Ketenagakerjaan sebelum nantinya dicairkan kepada penerima manfaat.

Baca Juga: Hore, BLT Subsidi Gaji Sudah Ditransfer ke 10 Juta Rekening Pekerja

“Besok kelima akan cair karena kita menerima data dari BPJS Ketenagakerjaan untuk batch ke-5 itu 600.000an. Tanggal 30 sehingga kita proses. Waktu kami memproses 4 hari kerja,” ujarnya kepada media, Selasa (6/10/2020). 

Menurut Ida, setelah proses checklist selesai data tersebut akan diserahkan kepada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN). Setelah itu, akan ditransfer ke bank penyalur setelah itu dicairkan kepada pemiliki rekening.

Baca Juga: 26.500 Pelaku Seni Dapat BLT Rp26,5 Miliar

“Hari ini hari terakhir checklistnya insyallah besok sudah bisa dicairkan sebagaimana sebelumnya akan disampaikan kepada KPPN. Dari KPPN akan mencairkan kepada bank penyalur, dari bank penyalur akan dicairkan kepada subsidi upah atau gaji. Apapun nomor rekeningnya apakah itu bank himbara atau non himbara. Tidak mensyaratkan bank himbara sebagai bank penerima subsidi gaji atau upah,” jelasnya. 

Ida berharap agar subsidi gaji ini bisa membantu meringankan beban masyarakat di tengah pandemi virus corona ini. Sehingga daya beli masyarakat bisa tetap terjaga dan berkontribusi kepada perekonomian negara.

“Saya berharap program subsidi gaji ini bisa memberikan manfaat meningkatkan daya beli masyarakat meningkatkan konsumsi masyarakat di era pandemi,” jelasnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini