Ada WFH, Ruang Perkantoran Bakal Dibangun Lebih Kecil?

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 07 Oktober 2020 13:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 07 470 2289818 ada-wfh-ruang-perkantoran-bakal-dibangun-lebih-kecil-vySchyfFeV.jpg Ilustrasi Perkantoran (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Pandemi virus corona diprediksi akan mengubah tren perkantoran ke depan. Mengingat selama pandemi, banyak perusahaan yang menerapkan kebijakan Work From Home (WFH) atau bekerja dari rumah.

Senior Associate Director Colliers International Indonesia Ferry Salanto mengatakan, kebijakan WFH diperkirakan akan dipertahankan hingga akhir tahun nanti. Meskipun kebijakan WFH ini tidak dijalankan sepenuhnya, karena masih harus ada beberapa pekerja yang bekerja dari kantor (Work From Office/WFO).

Baca juga: Ragam Desain Rumah, dari Art Deco hingga Minimalis

"Prediksi kita di sektor perkantoran. Kebijakan WFH akan terus diperpanjang," ujarnya dalam diskusi virtual, Rabu (7/10/2020).

Menurut Ferry, kebijakan WFH akan membuat kebutuhan akan ruang perkantoran baru bisa menurun. Karena kebijakan WFH ini bisa membuat perusahaan ini akhirnya berpikir untuk melaksanakan kebijakan serupa pasca pandemi.

Meskipun nantinya tidak semua karyawan bekerja dari rumah. Namun, beberapa perusahaan sudah menyiapkan sistem shifting atau bergantian untuk bisa bekerja dari rumah atau WFH.

Baca juga: Desain Dinding Rumah yang Menarik Mata Tetangga

"Terlihat juga kita tidak terlalu melihat ekspansi bisnis mereka sudah mulai berkurang ekspansi kantor apalagi setelah WFH ini ada efektivitas buat mereka tidak mengandalkan ruang perkantoran yang cukup tinggi. Karena para perusahaan juga diprediksi akan memberlakukan kembali kebijakan WFH," jelasnya.

"Selain itu, para developer juga akan membangun perkantoran baru dengan ruang yang lebih kecil. Hal ini untuk menyesuaikan permintaan dari para perusahaan penyewa, yang mana tren ke depannya lebih fokus pada ruang kantor yang lebih kecil dari sekarang," jelasnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini