Tak Perlu Gelar Sarjana Kerja di Apple dan Google

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 09 Oktober 2020 13:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 09 320 2290961 tak-perlu-gelar-sarjana-kerja-di-apple-dan-google-vJdLqiNTj0.jpg Apple dan Google Siapkan Tempat untuk Pekerja Tanpa Gelar Sarjana. (Foto: Okezone.com/Independent)

JAKARTA - Perusahaan teknologi, Google dan Apple mengguncang dunia pendidikan dengan menawarkan program baru yang dirancang mendorong pengembangan keterampilan teknologi sesuai permintaan yang mungkin tidak dipelajari siswa di sekolah.

Prakarsa ini menunjukkan bahwa lebih banyak peluang kerja di luar gelar sarjana yang mesti ditempuh dalam waktu empat tahun. Hal ini pun membangun keterampilan karier yang menguntungkan di bidang teknologi.

Baca Juga: Ingin Diterima Kerja saat Badai PHK, Begini Caranya

CEO Apple Tim Cook mengatakan, sekitar setengah dari pekerjaan Apple di AS tahun lalu terdiri dari orang-orang yang tidak memiliki gelar sarjana. Menurut data Glassdoor, Google, Apple, dan IBM termasuk di antara perusahaan yang tidak memerlukan pekerja dengan gelar sarjana untuk posisi tertentu. Demikian dilansir dari Business Insider, Jumat (9/10/2020).

Langkah Apple hingga Google itu pun mematahkan pernyataan para ahli yang menilai gelar sarjana sangat penting untuk sebagian besar bidang. Tetapi semakin banyak perusahaan teknologi yang mendukung pendidikan alternatif atau kamp pelatihan pengkodean, pekerjaan bergaji tinggi di industri teknologi mungkin masih dapat diakses bahkan tanpa gelar formal di bidang tersebut.

Baca Juga: Badai PHK, Ada 300 Juta Pencari Kerja

Google dan Apple mendorong dunia pendidikan

Apple dan Google telah membuat beberapa terobosan di bidang pendidikan dalam beberapa bulan terakhir. Google baru-baru ini meluncurkan pilihan kursus baru di bawah program Sertifikat Karir Google, yang hanya membutuhkan waktu sekitar enam bulan untuk menyelesaikannya dan tidak memerlukan pengalaman sebelumnya.

Kursus ini dirancang untuk mempersiapkan mereka yang mendaftar untuk pekerjaan sesuai permintaan yang memiliki gaji tahunan rata-rata lebih dari USD50.000. Google baru-baru ini menambahkan kursus baru di bidang yang berfokus pada teknologi seperti desain pengalaman pengguna dan analisis data.

Sementara itu, Apple mengumumkan peluncuran inisiatif baru di Alabama yang disebut Ed Farm pada bulan Februari, yang dimaksudkan untuk membantu siswa, guru, dan orang dewasa belajar cara membuat kode. Selain kurikulum semua orang dapat membuat kode, sebuah program yang diluncurkan pada tahun 2016 untuk mengintegrasikan lebih banyak pendidikan pengkodean ke sekolah.

Apple juga mengumumkan kursus baru pada bulan Juli untuk membantu guru lebih memahami pengkodean untuk memenuhi permintaan instruktur di lapangan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini