Mengelola Keuangan Bisa Sontek Strategi Orang-Orang Kaya di Dunia

Rina Anggraeni, Jurnalis · Sabtu 10 Oktober 2020 19:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 10 622 2291482 mengelola-keuangan-bisa-sontek-strategi-orang-orang-kaya-di-dunia-40cdSB7tj1.jpg Personal Finance (Shutterstock)

JAKARTA - Mengelola keuangan memang susah gampang dan sulit. salah satu permasalahannya mungkin karena pengelolaan kurang tepat.

Permasalahannya pun beragam. Ada berbagai pos pengeluaran yang belum terdata, atau alokasi dananya terlalu minim di pos tertentu dan terlalu berlebihan di pos yang lain.

 Baca juga: Cara Mudah Menabung agar Cepat Kaya

Perancang Keuangan Eko Endarto mengatakan, untuk mengetahui cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros serta apa kuncinya bisa mempelajari cara orang kaya yang sukses mengatur keuangannya.

"Perjalanan hidup orang-orang terkaya di dunia itu punya strategi dan cara mengelola harta yang mereka miliki, jadi bisa dicoba kebiasaan mereka untuk mengelola keuangan, " kata Eko saat dihubungi, Jakarta, Sabtu (10/10/2020).

 Baca juga: Investasi Jangan Selalu Mikir Keuntungan, Lihat Warren Buffett

Dia melanjutkan, salah satunya adalah selalu punya rencana keuangan. Ini adalah sebuah kebiasaan yang harus dikembangkan dari waktu ke waktu.

"Memiliki target bisa membantumu dalam menyusun rencana keuangan," katanya.

Lalu sambung dia yakni bijak dalam menggunakan kartu kredit. Adapun penggunaan kartu kredit untuk mencicil kebutuhan yang benar-benar esensial.

"Sebaiknya tidak menggunakan dana darurat untuk membayar tagihan kartu kredit," bebernya.

Dia menambahkan agar mencari pola investasi yang menguntungkan. Hal ini bisa menjamin keuangan di masa depan, bukan hanya masa sekarang.

" Berinvestasi bisa sekaligus buat kamu mendapatkan penghasilan pasif. Salah satu investasi sederhana yang nilainya terus bertambah adalah reksa dana," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini