Mengenal Peraih Nobel Ekonomi 2020, Milgrom dan Wilson

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 14 Oktober 2020 06:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 13 320 2293037 mengenal-peraih-nobel-ekonomi-2020-milgrom-dan-wilson-RFIKuBAbzK.jpg Wilson dan Milgrom Raih Nobel Ekonomi. (Foto: Okezone.com/Bloomberg)

JAKARTA - Ekonom Universitas Stanford Amerika Setikat, Robert Wilson dan Paul Milgrom memenangkan hadiah Nobel bidang ekonomi tahun ini. Karya tidak biasa mereka bersifat teoretis dan sangat praktis.

Milgrom dan Wilson secara khusus menemukan format menjual barang yang saling terkait secara bersamaan. Pada 1994, otoritas AS mengumpulkan lebih dari USD120 miliar dengan menjual frekuensi nirkabel menggunakan lelang yang mereka rancang bersama dengan Preston McAfee, kemudian di University of Texas. 

Baca Juga: Program Pangan WFP Raih Nobel Perdamaian

Sewa listrik dan minyak dan gas dijual dengan ide yang sama. Lebih luas lagi, ide-ide mereka telah membantu para ekonom memahami lelang untuk segala hal mulai dari iklan internet hingga tagihan treasury.

“Keduanya luar biasa cerdas. Mereka memberikan nilai lebih pada peneliti. Termasuk penelitian alat tentang cara mendekati pasar lelang lain," kata ekonom Universitas Princeton Jakub Kastl yang bekerja dengan mereka saat mengajar di Stanford seperti dilansir Bloomberg, Rabu (14/10/2020).

Karya Wilson dan Milgrom terkuak  ketika mereka membuat teori yang menjelaskan bagaimana hal itu terjadi, dalam kondisi apa, dan bagaimana membuatnya tidak menjadi masalah. Sebagai contoh implementasi pada kasus perang penawaran penjualan rumah. 

Baca Juga: Trio Ekonom Raih Nobel Ekonomi berkat Upayanya Berantas Kemiskinan

Misalnya, Wilson berfokus pada kasus di mana penawar hanya memedulikan "nilai umum" dari rumah tersebut. Misalnya, mereka semua adalah bagian yang hanya memikirkan tentang apa yang dapat mereka balikkan atau jual kembali. 

Kemudian, Milgrom melihat sekumpulan kasus yang lebih luas di mana penawar peduli dengan nilai umum tetapi memiliki "nilai pribadi" yang berbeda. Seperti, rumah itu lebih berharga bagi satu penawar daripada yang lain, mungkin karena memiliki nilai pribadi misalkan lebih dekat dengan tempat dia bekerja.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini