Trio Ekonom Raih Nobel Ekonomi berkat Upayanya Berantas Kemiskinan

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Selasa 15 Oktober 2019 13:52 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 15 20 2117126 trio-ekonom-raih-nobel-ekonomi-berkat-upayanya-berantas-kemiskinan-P2evRWY8zN.jpg Peraih Nobel Ekonomi (Foto: CNN Business)

JAKARTA - Trio ekonom Abhijit Banerjee, Esther Duflo dan Michael Kremer meraih Nobel pada bidang ekonomi. Penghargaan ini diberikan atas pekerjaan mereka untuk mengurangi kemiskinan global.

Melansir CNN, Jakarta, Selasa (15/10/2019), trio ekonom tersebut memelopori pendekatan pengurangan kemiskinan yang didasarkan pada eksperimen yang dirancang dengan hati-hati. Melalui eksperimen tersebut, mencari jawaban untuk pertanyaan kebijakan tertentu.

Baca Juga: Richard Thaler Raih Nobel Ekonomi 2017 Berkat Teori Nudge, Apa Sih Isinya?

Duflo merupakan seorang profesor di Massachusetts Institute of Technology. Ia merupakan orang termuda dan wanita kedua yang dianugerahi hadiah Nobel.

Sementara Banerjee merupakan seorang kelahiran Mumbai yang juga seorang profesor di MIT. Lain halnya Kremer, ia merupakan seorang profesor di Harvard. Ia menggunakan kerja lapangan untuk menguji bagaimana hasil sekolah dapat ditingkatkan di Kenya barat selama pertengahan 1990-an.

Baca Juga: Dua Pakar AS Terima Nobel Ekonomi, Ini Alasannya

Sebagai hasil langsung dari penelitian mereka, lebih dari 5 juta anak-anak India telah mendapat manfaat dari les perbaikan di sekolah-sekolah. Sementara banyak negara telah memperkenalkan subsidi besar untuk perawatan kesehatan preventif.

Pekerjaan mereka menguji dampak intervensi spesifik di bidang-bidang seperti pertanian, kesehatan dan pendidikan. Menurut Duflo, inti dari penelitian mereka adalah memastikan bahwa perjuangan melawan kemiskinan didasarkan pada bukti ilmiah.

Peraih Nobel Ekonomi

Dia juga mengatakan bahwa dia berharap penghargaan itu akan menginspirasi ekonom perempuan dan juga laki-laki lainnya untuk terus bekerja.

"Untuk memberi mereka rasa hormat yang layak mereka terima, seperti setiap manusia," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini