Terungkap, Insentif Kartu Prakerja Dihabiskan untuk Hal Ini

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 14 Oktober 2020 14:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 14 320 2293486 terungkap-insentif-kartu-prakerja-dihabiskan-untuk-hal-ini-Sij5NSAJBo.jpg Rupiah (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Manajemen Pelaksana (PMO) Program Kartu Prakerja telah mencairkan insentif kepada 1,2 juta peserta. Pencairan dana tersebut dilakukan kepada para peserta yang sudah selesai mengikuti pelatihan.

Direktur Eksekutif PMO Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari mengatakan, berdasarkan data dari 5 Agustus hingga 26 September ada sekitar 1,2 juta penerima insentif program kartu prakerja. Dari jumlah tersebut, sebagian besar insentif digunakan untuk membeli kebutuhan pokok.

"Penerima kartu prakerja menjawab insentif digunakan untuk membeli bahan pokok," ujarnya dalam diskusi virtual, Rabu (14/10/2020).

Denni memaparkan, berdasarkan data dari hasil survei 96% peserta kartu prakerja menggunakan insentif untuk membeli bahan pangan. Kemudian 75% memilih menggunakan insentif untuk membayar listrik.

Selain itu, 67% memilih menggunakan insentif untuk membeli bensin atau solar. Kemudian 65% di antaranya menggunakan insentif untuk membeli pulsa atau paket internet.

Lalu ada juga yang menggunakan insentif untuk transportasi yakni sebesar 57%. Selain itu, ada juga yang menggunakan sebagai modal usaha untuk modal usaha baru.

"Ini program kartu prakerja insentif itu digunakan untuk membeli bahan makanan , kemudian untuk bayar listrik, kemudian untuk usaha permanen," jelasnya.

Sebagai informasi, adapun insentif yang diberikan adalah sebesar Rp1 juta untuk pelatihan. Kemudian ada insentif sebesar Rp2,4 juta yang diberikan setelah pelatihan selesai.

Nantinya insentif sebesar Rp2,4 juta itu akan dibagi menjadi 4 kali tahapan penyaluran. Adapun insentif yang disalurkan setiap tahapnya adalah Rp600.000.

Selain itu, ada insentif tambahan yang diberikan oleh Manajemen Pelaksana Program Kartu Pra Kerja dengan syarat harus mengisi tiga survei evaluasi program. Adapun insentif yang diberikan adalah sebesar Rp150.000.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini