Perhiasan Tembaga Buatan RI Tembus Pasar Eropa

Pramono Putra, Jurnalis · Rabu 14 Oktober 2020 12:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 14 455 2293417 perhiasan-tembaga-buatan-ri-tembus-pasar-eropa-W8D3j3u75G.jpg Kerajinan Tembaga (Foto: Pramono/Okezone)

SIDOARJO - Akibat pandemi Covid-19, seorang perajin perhiasan tembaga merumahkan seluruh karyawannya, namun kini dengan hanya dapat memasarkan karyanya melalui media sosial, dia pun mampu meraih peminat dari negara tetangga dan Eropa.

Lidya Waskita adalah seorang ibu rumah tangga asal Sidoarjo menjadi perajin perhiasan tembaga. Dia tinggal di sebuah rumah sederhana yang berlokasi di Pondok Candra Sidoarjo.

Baca Juga: Bisnis Apa yang Laris saat Resesi?

Lidya telah menekuni kegiatan tersebut sejak 2011. Diketahui, dia sudah menjadi langganan para kolektor perhiasan dari berbagai negara hingga Eropa. Di tangannya, berbagai jenis tembaga mulai dari bentul kabel hingga lempengan tembaga, berhasil disulapnya menjadi berbagai perhiasan unik dan bernilai seni tinggi. 

Yang menjadi pembeda dari para perajin perhiasan tembaga lainnya ialah, mulai dari anting, kalung, mahkota, hingga cincin dan bros dibentuk dan dikerjakan secara manual dan dapat menyesuaikan dengan permintaan pembeli, sehingga setiap bentuk tidak ada kesamaan dari perhiasan tembaga satu dengan lainnya.

Baca Juga: Bermula dari Hobi, Novia Sukses Bisnis Sugar Glider

Meski saat ini tengah terdampak pandemi hingga penjualannya pun merosot drastis dan harus merumahkan tiga orang karyawannya, namun Lidya masih terus menciptakan berbagai bentuk perhiasan tembaga kreasinya.

Lidya berharap pandemi saat ini akan cepat segera berakhir, dan bisa memamerkan kembali hasil karyanya. Sebab menurutnya, penjualan melalui media sosial kurang dapat diterima oleh para calon pembelinya.

"Order pertama dari China dulu masih pake wire kabel tembaga pertama kali dan kedua Singapura, Malaysia lewat costumer dari Surabaya mereka jual kembali kesana. Dan yang transaksi langsung di pameran itu Jerman, di Belanda, lainnya ke Al-Jazair. Dari online Instagram dan Facebook tapi yang efektif itu pameran, karena ada tipe barang tertentu yang butuh penjelasan atau costumer harus pegang, karena harus di fitting ulang lagi," ujar Lidya, Rabu (14/10/2020).

Oleh sebab itu, bagi yang berminat membeli perhiasan tembaga milik Lidya, harga yang ditawarkan mulai dari Rp150.000 hingga Rp12 juta, tergantung bentuk model yang diminta pembeli dan tambahan ornamen-ornamen lainnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini