Intip 3 Pertanyaan Jeff Bezos saat Interview Pegawai Baru Amazon

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 21 Oktober 2020 10:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 21 320 2297045 intip-3-pertanyaan-jeff-bezos-saat-interview-pegawai-baru-amazon-95Lf4j1WvK.jpg Tips Lolos Kerja di Amazon. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Kerja di Amazon tentu menjadi keinginan setiap Hanya saja dibutuhkan lebih dari sekadar resume yang mengesankan supaya bisa mendapatkan pekerjaan di perusahaan orang terkaya di dunia tersebut.

Bahkan hal tersebut sudah dilakukan pada tahun awal perusahaan tersebut dibuka. Saat ini e-commerce miliki Jeff Bezos, memiliki 2.100 karyawan. Dirinya pun sangat berhati-hati dalam mempekerjakan karyawannya.

Nicholas Lovejoy yang bergabung dengan Amazon sebagai karyawan kelima pada 1995 menceritakan bahwa Bezos menginterview sendiri setiap kandidat.

Baca Juga: Hampir 20.000 Pekerja Amazon Positif Covid-19

“Salah satu motonya adalah bahwa setiap kali kami mempekerjakan seseorang, dia harus menaikkan standar untuk karyawan berikutnya,” kata Lovejoy, mengutip dari CNBC, Rabu (21/10/2020).

Apalagi di tengah kondisi perusahaan yang sedang bertumbuh saat ini, Bezos kemungkinan memiliki waktu luang untuk bertemu dengan setiap kandidat.

Namun, untuk memastikan bahwa perusahaan akan mempertahankan standarnya yang tinggi, Bezos menguraikan tiga pertanyaan kunci yang perlu dipertimbangkan oleh para calon karyawan. Bocoran ini tertuang dalam surat pada 1998 yang dilayangkan kepada pemegang saham. 

Meskipun ditulis 22 tahun yang lalu, ini adalah pertanyaan abadi yang harus dipikirkan oleh manajer HRD dan kandidat sebelum wawancara kerja:

1. "Apakah Anda akan mengagumi orang ini?"

"Jika Anda berpikir tentang orang-orang yang Anda kagumi dalam hidup Anda, mereka mungkin orang-orang yang dapat Anda pelajari atau ambil contoh darinya," tulis Bezos dalam surat itu.

Kiat wawancara untuk kandidat: Saya telah mewawancarai ratusan orang sepanjang karier saya, dan dua sifat mengagumkan yang selalu saya cari adalah integritas dan kepemimpinan.

Baca Juga: Donald Trump Positif Corona, Harga Emas Naik

Saya melakukan ini dengan meminta mereka menjelaskan saat mereka harus menangani situasi yang sulit. Saya pada dasarnya ingin tahu apakah mereka menggunakan diplomasi? Apa niat mereka? Bisakah mereka dipercaya? Apa yang proses berpikir mereka katakan tentang mereka sebagai pribadi?

2. “Apakah orang ini akan meningkatkan tingkat efektivitas rata-rata grup atau perusahaan yang mereka masuki?”

“Standar harus terus naik,” tulis Bezos dalam suratnya.

Masalahnya adalah, sulit bagi manajer HRD untuk mengetahui apakah seorang kandidat, setelah dipekerjakan, akan tetap konsisten dan ingin tumbuh bersama perusahaan selama bertahun-tahun yang akan datang.

“Pemikiran jangka panjang adalah nilai inti yang disatukan dalam sejarah Amazon sejak awal kami,” menurut blog Amazon's Day One.

Tips wawancara untuk kandidat: Untuk melawan entropi, Bezos selalu bertanya kepada kandidat bagaimana mereka memvisualisasikan perusahaan lima tahun dari sekarang. “Pada saat itu. Kita masing-masing harus melihat sekeliling dan berkata standar sekarang sangat tinggi saya senang saya masuk ketika saya melakukannya!"

Sebelum wawancara teliti nilai-nilai perusahaan dan bersiaplah untuk berbicara tentang bagaimana Anda berencana untuk melampaui harapan dan sasaran seiring dengan pertumbuhan perusahaan.

3. “Dalam dimensi apa orang ini bisa menjadi superstar? ″

Selain keterampilan dan pengalaman mereka, Bezos mengatakan penting untuk mempertimbangkan bakat individu kandidat.

“Satu orang di sini adalah juara Lebah Ejaan Nasional. Saya rasa hal itu tidak membantunya dalam pekerjaan sehari-hari, tetapi bekerja di sini lebih menyenangkan jika Anda sesekali bisa menariknya ke aula dengan tantangan singkat,” tulisnya.

Karyawan superstar bisa menjadi maverick, radikal dan sedikit pemberontak, juga dan meskipun jenis ini mungkin sedikit mengganggu dan tidak selalu yang paling mudah bergaul.

"Anda ingin mereka di organisasi anda karena mereka mendorong pemikiran inovatif,” kata Bezos dalam wawancara tahun 2018.

Tips wawancara untuk kandidat: Memiliki aktivitas ekstrakurikuler, hobi aneh, dan keterampilan unik yang tidak terkait dengan pekerjaan Anda memberi Anda keunggulan dan menunjukkan bahwa Anda dapat menawarkan perspektif yang berbeda. Letakkan ini di resume Anda dan temukan cara untuk memunculkannya selama wawancara.

Saya juga suka mendengar cerita tentang bagaimana seorang kandidat berhasil menerapkan solusi kreatif untuk suatu masalah, atau tentang bagaimana mereka berkontribusi pada budaya perusahaan dengan cara yang membantu membuat tempat kerja lebih menyenangkan dan menarik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini