Sri Mulyani Raup Pajak Netflix hingga Spotify Rp96 Miliar

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 21 Oktober 2020 21:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 21 320 2297460 sri-mulyani-raup-pajak-netflix-hingga-spotify-rp96-miliar-wskcxPsgyZ.jpg Pajak (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Pemerintah sudah mengantongi pajak digital dari pelaku usaha Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE) sekitar Rp96 miliar. Perusahaan yang dimaksud antara lain Spotify, Netflix, dan Amazon.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati. Menurutnya Rp96 miliar itu terhitung hingga akhir September 2020.

 Baca Juga: Menko Airlangga Pede Resesi Indonesia Tidak Lama

"Dalam waktu beberapa bulan, kami dapatkan hampir Rp96 miliar dari beberapa perusahaan yang sudah dimintakan dari PPN," ujar dia dalam diskusi virtual HUT 56 Partai Golkar, Rabu (21/10/2020). 

Dia menjelaskan, pajak digital akan menjadi salah satu pembahasan penting antar negara. Pasalnya, semua negara ingin mendapatkan bagian pajak digital yang adil sebagai tambahan pemasukan pajak.

"Jadi kami lakukan berbagai upaya internasional agar negara seperti Indonesia bisa jaga basis pajak terutama saat era digitalisasi. Di mana batas-batas antar negara jadi sangat tipis," ungkap dia. 

Sebelumnya pemerintah sudah bisa menarik pajak pertambahan nilai (PPN) sebesar 10% dari perusahaan digital yang menyelenggarakan bisnis barang tidak berwujud atau pelaku usaha Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE), seperti Spotify, Netflix, dan Amazon.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini