Hari Santri Nasional, Erick Thohir: Mereka Menjaga Roda Ekonomi

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Kamis 22 Oktober 2020 21:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 22 320 2298055 hari-santri-nasional-erick-thohir-mereka-menjaga-roda-ekonomi-ic73h4MGbH.jpg Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Kementerian BUMN)

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyebut, para santri dapat menjaga roda pereekonomian di saat pandemi Covid-19. Sebab, saat Indonesia dalam masa krisis ekonomi dan kesehatan, para santri justru melakukan kegiatan berwirausaha.

"Saya mendengar ada cerita yang membanggakan tentang para santri di masa pandemi ini, di mana mereka menjaga roda ekonomi dengan berwirausaha," ujar Erick melalui akun Instagramnya, Jakarta, Kamis (22/10/2020).

Baca Juga: Beda Krisis 1998-2008 dan 2020, Efek Corona Lebih Dahsyat

Erick mengutarakan, kegiatan itu tidak saja memperkuat ekonomi pasantren secara kolektif, namun juga akan memberikan pengaruh besar bagi daerah sekitar pasantren. 

Hal itu, juga menjadi bagian dari kontribusi para santri untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. "Kita harus ta'awum, tolong menolong dalam kebaikan untuk menjaga ekonomi nasional," katanya.

Apa yang disampaikan Erick tersebut, bertepatan dengan Hari Santri Nasional (HSN) yang jatuh pada tanggal 22 Oktober setiap tahunnya. 

Peringatan ini, ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 22 Oktober 2015 di Masjid Istiqlal Jakarta. Penetapan Hari Santri Nasional dimaksudkan untuk mengingat dan meneladani semangat jihad para santri merebut serta mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang digelorakan para ulama di Tanah Air.

"Selamat hari santri nasional, semoga para santri bisa memberi manfaat bagi umat dan sekitarnya, Insya Allah," kata Erick.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini