LRT Jabodebek Diuji Coba Masih Pakai Masinis, Ini Penjelasannya

Aditya Pratama, Jurnalis · Senin 26 Oktober 2020 11:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 26 320 2299546 lrt-jabodebek-diuji-coba-masih-pakai-masinis-ini-penjelasannya-NNtWV34kzo.jpg Uji Coba LRT Jabodebek (Foto: iNews.id/Aditya)

JAKARTA - Kereta layang ringan atau light rail transit (LRT) Jabodebek rute Cibubur-Cawang memasuki tahap uji coba. Uji coba dilakukan dari Stasiun Harjamukti, Cibubur ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Commissioning Manager PT Inka Dian Yudha mengatakan, tahapan yang akan dilakukan uji coba ini yakni hanya grade of automation 0 (GoA). Artinya, tahapan hanya menggunakan masinis. Hal ini dikarenakan masih adanya jalur kereta yang masih belum selesai yang mana tahapan uji coba tanpa masinis belum bisa dilakukan.

"Ini belum dilakukan dengan tanpa masinis atau uji coba bertahap," kata Dian Yudha di Jakarta, Senin (26/10/2020)

Baca Juga: Begini Rasanya Naik LRT Jabodebek, Cek Foto-Fotonya agar Enggak Penasaran 

Kata dia, tahapan ini baru dilakukan oleh pihak operator konstruksi. Salah satunya adalah pada Adhi Karya dan PT Inka. Jika sudah selesai diuji coba, maka uji coba ini akan diperiksa oleh PT Kereta Api Indonedia (KAI) dalam operasionalnya.

"Ini kita dulu uji cobanya baru abis dari internal baru diperiksa ama KAI secara keseluruhan," imbuhnya.

  

Sebelumnya, PT INKA (Persero) memastikan akan terus melakakuan uji coba kereta (LRT) setiap bulannya . INKA sendiri merupakan BUMNyang bertugas untuk memproduksi kereta LRT Jabodebek.

Adapun, pihaknya akan mengujicobakan satu trainset (satu rangkaian kereta) pada bulan depan. Nantinya kereta tersebut akan mondar-mandir dari Cibubur menuju Cawang.

"Satu trainset akan uji coba. Kita ikuti aja karena yang beli KAI. Kalau berangkat, berangkat aja," bebernya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini