Begini Cara agar Gajian Tak Cepat Habis saat Libur Panjang Akhir Oktober

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 26 Oktober 2020 14:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 26 622 2299665 begini-cara-agar-gajian-tak-cepat-habis-saat-libur-panjang-akhir-oktober-fNcRE6LWe0.jpg Tips Mengatur Keuangan Selama Pandemi Virus Corona. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA – Minggu terakhir di bulan Oktober 2020, pemerintah menetapkan cuti bersama dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW mulai 28 Oktober hingga 1 November 2020.

Mayoritas masyarakat memanfaatkan liburan panjang atau long weekend itu dengan belibur. Alhasil, kegiatan itu pun akan menyedot keuangan keluarga.

Baca Juga: Kunci Sukses Bangun Bisnis Selama Pandemi

Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Andy Nugroho memberi tips-tips agar uang gaji bisa bertahan hingga waktunya gajian kembali. Salah satunya, dengan cara mengurungkan niat pembelian barang yang dinilai tak terlalu penting untuk segera dibeli.

“Harus mengamankan budget bagi pengeluaran-pengeluaran itu tentu harus merelakan kebutuhan lain untuk ditunda atau tidak dipenuhi lebih dahulu,” kata Andy kepada Okezone, Senin (26/10/2020).

Baca Juga: 5 Cara Budidaya Paprika Supaya Tunai Untung

Dia mengimbau, salah satu pengeluaran yang harus benar-benar disetop untuk waktu yang sementara adalah jajan makanan dan minuman seperti membeli kopi dan cemilan kekinian.

“Terutama yang berkaitan dengan kesenangan pribadi seperti jajan yang kurang perlu,” ujarnya.

Meski begitu, lanjut dia, kelalaian seseorang karena terlalu boros di awal bulan, jangan sampai menyisihkan uang untuk pengeluaran rutin wajib yang biasa dibayarkan setiap bulannya. Misalnya, seperti pembayaran listrik, air, cicilan kartu kredit dan biaya transport untuk bekerja.

“Karena kita lalai dalam pengeluaran di long weekend diawal bulan, maka yang harus diamankan adalah pembayaran berbagai kewajiban yang ada,” kata dia.

(fbn.-)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini