Meraup Cuan dari Bisnis Ternak Ayam Serama

Yudha Prawira, Jurnalis · Selasa 27 Oktober 2020 15:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 27 455 2300318 meraup-cuan-dari-bisnis-ternak-ayam-serama-SPEiHdGldk.jpg Ayam Serama (Foto: Yudha/Okezone)

SURABAYA - Seorang warga meraup omzet jutaan rupiah dari hasil budidaya ayam serama. Ternak ayam serama ini dilakukan dengan memanfaatkan halaman belakang toko.

Ternak atau budidaya ayam serama ini cukup mudah perawatannya. Selain itu, ayam serama memiliki pangsa pasar yang luas.

Baca Juga: Keuntungan Budidaya Udang Bisa Capai Rp600 Juta

Selama pandemi covid-19, peminat ayam serama cukup meningkat sehingga budidaya ini menjadi bisnis yang menjanjikan. Dengan dibantu sejumlah pegawainya, Guangtoro Santoso menjalankan budidaya ayam serama miliknya dengan memanfaatkan lahan sempit yang berada di halaman belakang tokonya.

Lebih dari 200 ekor ayam serama dibudidayakan Guantoro Santoso mulai sebelum telur menetas hingga dewasa. Meski perawatan ayam asli Malaysia ini tergolong mudah, namun diperlukan kehatian-hatian.

 

“Ayam ini memiliki tubuh kecil ini identik dengan ayam kontes sehingga dibutuhkan perawatan serta pakan yang stamina ayam serama agar prima dan dapat menjadi pemenang kontes,” kata dia, Selasa (27/10/2020).

Pakan ayam serama di antaranya biji-bijian, jagung, kedelai, bekatul dan juga dedak. Termasuk kandang yang harus selalu dijaga kebersihannya. Selain memiliki pasar luas hingga ke seluruh wilayah di Indonesia, peminat ayam hias ini cukup banyak terlebih di tengah kondisi pandemi covid-19 seperti sekarang ini.

Banyak orang ingin beternak ayam serama untuk sekedar mengisi waktu. Sehingga budidaya ayam serama ini pun menjadi bisnis yang sangat menjanjikan.

Ayam serama yang telah lama dibudidayakan Guantoro Santoso ini dijual kisaran Rp200 ribu hingga Rp20 juta mulai anakan hingga dewasa. Harga ayam serama semakin mahal apabila ayam tersebut merupakan juara atau pemenang kontes.

Selain memiliki fisik atau tubuh kecil, yang membedakan ayam serama dengan ayam lainnya yakni memiliki tubuh tegak dengan dada membusung hingga mampu menutupi kepalanya dan sayap dapat tegak sejajar dengan kaki serta hampir menyentuh tanah.

Oleh sebab itu ayam serama identik dengan ayam kontes karena memiliki keindahan, keunikan dan kelebihan tersebut. Sementara jenis-jenis ayam serama di antaranya ayam serama Apple, ayam serama slim dan ayam serama ideal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini