Sri Mulyani Ungkap Banyak Aset Negara Hilang

Fadel Prayoga, Jurnalis · Jum'at 30 Oktober 2020 06:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 29 320 2301311 sri-mulyani-ungkap-banyak-aset-negara-hilang-nSFBGhnOj0.png Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Foto: Okezone.com/Instagram Sri Mulyani)

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyebut, Indonesia kehilangan banyak aset akibat buruknya pembukuan atau neraca keuangan negara di masa lalu. Hal ini membuat aset negara banyak yang dikuasai swasta.

"Jadi hal itu banyak sekali barang milik negara belum lagi kalau dulu tanah-tanah, kalau menterinya lagi seneng saya ingin jual tanah, saya jual tanah saja, karena dulu enggak pernah ada pengadministrasian, sehingga banyak sekali republik itu kehilangan banyak aset," ujar dia dalam video yang diunggah Juru Bicara Presiden RI.

Misalnya lanjut dia, adalah kompleks wilayah Senanyan sebenarnya milik negara. Namun wilayah tersebut sudah diambil swasta.

"Semua melihat adalah komplek senayan gelora Bung Karno, dulu Presiden Soekarno itu membangun seluruh komplek itu sampai dengan Manggalawa Bakti TVRI, sampai pada Hotel Hilton, semuanya itu termasuk Hotel Mulia, itu semuanya sampai Plaza Senayan, itu semuanya adalah semua komplek milik negara, kemayoran karena tidak pernah dibukukan," katanya.

Menurut Sri Mulyani, pemerintah mesti jor-joran agar aset tersebut bisa kembali tercatat sebagai milik negara. Hal ini agar aset yang diambil swasta bisa kembali dikelola negara.

Baca Selengkapnya: Hotel Sultan ke Tangan Swasta, Sri Mulyani Pusing Banyak Aset Negara Hilang

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini