Cara Ajukan Kompensasi ke PLN Akibat Mati Listrik

Rina Anggraeni, Jurnalis · Senin 02 November 2020 08:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 02 320 2302574 cara-ajukan-kompensasi-ke-pln-akibat-mati-listrik-eJ1QmfiHGb.jpg KWh Meter (Foto: PLN)

JAKARTA - Sebagian wilayah Jakarta mengalami pemadaman listrik total atau blackout pada hari ini. Kejadian blackout pada 4 Agustus 2019 pun kembali terulang.

Keyword "Mati Lampu" pun menjadi trending topic pertama di Twitter. Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengungkapkan, cara pelanggan PLN yang terdampak listrik padam bisa mengajukan kompensasi.

 Baca juga: Sebagian Jakarta Blackout, PLN Harus Berbenah Diri

Sekretaris Yayasan YLKI Agus Suyatno mengatakan ada dua jenis kompensasi yang mau diklaim. Salah satunya mendapatkan keringanan biaya. Adapun hal itu tergantung kerugian yang diterima pelanggan besar atau tidak.

Jika kerugiannya besar akan mendapatkan uang tunai, jika tidak hanya diringankan pembayaran bulannya. Sedangkan yang kedua adalah mendapatkan tambahan kuota listrik.

 Baca juga; DPR Akan Panggil Dirut PLN Terkait Mati Listrik di Sejumlah Wilayah Jakarta

"PLN harus ada itungannya untuk satu kali pemadaman, atau berapa menit, akan diakumulasikan, dan dihitung berapa persen dari tarif dasar yang akan diberikan kompensasinya, kalau kerugiannya besar bisa mendapatkan uang tunai tergantung kerugiannya" ujar Agus saat dihubungi MNC News Portal, Senin (2/11/2020).

Lalu, untuk mengetahui nilai kompensasi blackout yang diterima, dapat melalui https://www.pln.co.id/pelanggan/informasi-kompensasi dan akan ada petunjuk untuk mengisi ID Pelanggan.

 Baca juga: PLN Jamin Tak Ada Lagi Pemadaman Listrik?

Kemudian mengisi nomer ID Pelanggan di kolom yang disediakan, setelah itu klik tombol cari, dan secara otomatis akan muncul kWh dan nilai Rupiah yang akan diterima sebagai kompensasi.

"Kalau kompensasi bisa membuka akses PLN jika tidak mendapatkan kompensasi bisa mengadukan ke YLKI," tandasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini