Dinyinyirin soal Utang, Sri Mulyani: Untuk Selamatkan Jiwa Seluruh Republik Indonesia

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 02 November 2020 19:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 02 320 2302994 dinyinyirin-soal-utang-sri-mulyani-untuk-selamatkan-jiwa-seluruh-republik-indonesia-YP8czCKuVK.jpg Sri Mulyani (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memberikan tanggapan terkait kritik keras beberapa pihak yang diarahkan kepadanya atas kebijakan utang Indonesia yang dianggap terlampau tinggi.

Menurut dia, utang ini terpaksa diambil mengingat dampak pandemi Covid-19 yang begitu memukul perekonomian nasional.

"Jadi sebagian orang yang nyinyir ke saya itu utang-utang. Ya tak apa-apa orang ini utang untuk menyelamatkan jiwa seluruh Republik Indonesia," ujar Sri Mulyani dalam acara LPDP secara virtual, Senin (2/11/2020).

Dia menjelaskan utang juga digunakan untuk pembiayaan dana pendidikan sebesar 20%. Hal ini sudah menjadi mandat konstitusi, sehingga tidak dapat diubah. "Di dalam utang itu adalah anggaran pendidikan 20% tetap kita jaga," ungkap dia.

Kemudian, lanjut dia utang itu ditempuh untuk memperkuat APBN. Hal ini sebagai instrumen pemerintah yang harus berperan dalam penanganan pandemi Covid-19 sekaligus pemulihan ekonomi nasional.

"Hal tersebut mengingat pada kuartal II 2020 lalu ekonomi Indonesia anjlok hingga minus 5,3%," pungkasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini