Tangan Kreatif Rizal Sulap Paralon Bekas Jadi Duit

Budi Sunandar, Jurnalis · Selasa 03 November 2020 12:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 03 455 2303329 tangan-kreatif-rizal-sulap-paralon-bekas-jadi-duit-zNrRn1gA3n.jpg Kerajinan Kapal (Foto: Budi/Okezone)

PADANG – Pandemi Covid-19 yang membuat aktivitas seseorang terbatas tak lantas mengungkung kreativitas Rizal. Lelaki yang sehari-hari menjalani profesi sebagai nelayan itu mengubah aktivitasnya yang biasa melaut dengan membuat miniatur kapal layar hingga sepeda motor.

Rizal memanfaatkan limbah dari paralon bekas untuk disulap menjadi sebuah barang yang memiliki nilai seni yang tinggi. Karya seninya pun menjadi bisnis yang kerap dijadikan souvenir atau buah tangan oleh sejumlah wisatawan yang berkunjung ke daerah tersebut.

Baca Juga: Keren, Penyandang Disabilitas Produksi 27,2 Juta Masker Standar WHO

Dengan menggunakan peralatan manual seadanya, paralon bekas itu dipotong dan dipanaskan dengan cara dibakar menggunakan peralatan modifikasi dari tabung gas LPG, sehingga membentuk motif tersendiri seperti serat kulit.

“Kemudian dibentuk menjadi rangkaian kapal layar atau sepeda motor bahkan bunga,” kata Rizal di Padang, Senin (2/11/2020).

Dia menjelaskan, waktu pengerjaannyapun bisa memakan waktu hingga tiga hari, tergantung motif dan ukuran miniatur yang akan dibuat. Harga jual miniatur yang dibuat dirinya itu dijual dari harga Rp100 ribu hingga Rp1 juta.

“Bisnis miniatur dari paralon bekas inipun bahkan dijadikan souvenir atau oleh –oleh khas daerah ini oleh sejumlah wisatawan yang berkunjung ke kawasan wisata bahari mandeh dipesisir selatan ini,” ujarnya.

Dia mengaku juga memanfaatkan media sosial agar barang jualannya pun semaki dikenal hingga ke pelosok Tanah Air.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini