Rekomendasi Bisnis yang Bisa Digeluti Saat Terkena PHK

Fadel Prayoga, Jurnalis · Selasa 03 November 2020 13:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 03 455 2303353 rekomendasi-bisnis-yang-bisa-digeluti-saat-terkena-phk-KVdHLXDZZD.jpg Tips Usaha di Tengah Pandemi. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Sejumlah perusahaan terpaksa melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) pada tahun ini. Keputusan sulit tersebut dilakukan karena kelesuan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Bagi pegawai yang terkena PHK, mau tidak mau harus memutar otak agar tetap mendapatkan pemasukan. Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah membuka usaha atau bisnis.

Baca Juga: 3 Komponen Penting Agar Inovasi Produk Diterima di Masyarakat

Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Andy Nugroho menyebut, pebisnis baru harus pintar melihat produk-produk yang kini sedang diminati masyarakat bila memang berniat berjualan.

"Yang paling cocok adalah yang paling sesuai dengan passion kita, dan atau paling dibutuhkan dan diminati oleh orang-orang di sekitar kita," kata Andy kepada Okezone, Selasa (3/11/2020).

Baca Juga: Fantastis, Tanaman Lidah Mertua Dijual Rp350 Juta

Selain itu, membuka usaha yang berkaitan dengan kebutuhan pokok pasti masih akan diminati para pembeli. Penjualan makanan beku yang memanfaatkan media online sebagai pemasarannya.

"Bila hendak berbisnis, yang berpotensi mendatangkan keuntungan pada masa resesi sekarang seperti jasa pembelian paket sayuran ataupun makanan mentah, penjualan makanan frozen food," ujarnya.

Dia menambahkan, segala sesuatu yang berhubungan dengan hobi seseorang juga dinilai akan memberikan pundi-pundi pemasukan bagi seseorang dan keluarganya. Misalnya, seperti berbisnis tanaman hias atau ikan hias yang kini sedang digandrungi masyarakat.

"Ataupun yang berkaitan dengan hobi selama di rumah saja seperti tanaman hias, perlengkapannya dan aksesoris sepeda," ujarnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini