Share

Ekonomi RI Resesi, Sri Mulyani Sebut Sektor Pariwisata Mulai Pulih

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 05 November 2020 18:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 05 320 2304887 ekonomi-ri-resesi-sri-mulyani-sebut-sektor-pariwisata-mulai-pulih-E0ptzKF7Uy.jpg Sektor Pariwisata Mulai Bangkit. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah menilai ekonomi Indonesia di kuartal III-2020 mengalami perbaikan. Meskipun minus 3,49% secara tahunan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, salah satu faktor pendorong membaiknya ekonomi di kuartal III adalah kinerja positif pada beberapa sektor yang sempat mengalami pukulan.

Baca Juga: Menko Airlangga: Indonesia Bersama Dunia Menuju Tren Ekonomi Positif

Sebagai contohnya sektor pariwisata. Sektor ini paling terkena dampak pandemi dan mulai berangsur membaik seiring dibuka kembali mobilitas masyarakat.

“Sektor yang mengalami pukulan seperti pariwisata mulai menunjukan adanya perbaikan seperti juga mobilitas masyarakat pada sektor transportasi,” ujarnya dalam konferensi pers virtual, Kamis (5/11/2020).

Baca Juga: Ekonomi Minus 3,49%, Proyek Infrastruktur Dikebut Lagi

Mobilitas masyarakat juga berdampak pada sektor transportasi dan pergudangan yang mulai bergairah. Setelah pada masa awal covid ketika kuartal II-2020 mengalami pukulan yang sangat dalam.

“Sektor transportasi dan pergudangan mengalami perbaikan sesudah mengalami kontraksi sangat dalam di kuartal II-2020,” ucapnya.

Adapun sektor transportasi dan pergudangan pada saat diumumkan di kuartal II-2020 mengalami kontraksi hingga di atas 30% atau minus 38%. Di kuartal III ini mengalami rebound yang kuat minus 16,7% atau naik 14% dari kuartal sebelumnya.

Demikan juga sektor akomodasi makanan dan minuman yang pada kuartal II mengalami kontraksi hingga 22%. Pada kuartal III-2020 mengalami perbaikan -11,9% atau perbaikan lebih dari 10%.

“Dengan berbagai fenomena titik balik yang menunjukan kondisi terburuk akibat covid yelah kita lewati di kuartal II, maka lemerintah akan rus memfokuskan dan meberikan perhatian agar terus mengkaselrais tren ekonomi menuju zona positif,” ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini