Keuntungan Joe Biden Terpilih Jadi Presiden AS dari Sisi Ekonomi

Michelle Natalia, Jurnalis · Senin 09 November 2020 05:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 08 320 2306235 keuntungan-joe-biden-terpilih-jadi-presiden-as-dari-sisi-ekonomi-4x4Lt3myie.jpg Ekonomi (Shutterstock)

JAKARTA - Joe Biden unggul dalam pemilihan Presiden AS (Pilpres AS). Hal ini pastinya akan berdampak kepada kebijakan yang mempengaruhi dunia.

Kemenangan ini tentunya juga akan berdampak terhadap perubahan peta perekonomian dunia, salah satu topik utama yang menjadi sorotan dengan terpilihnya Biden adalah terkait perang dagang dengan Tiongkok yang telah berjalan beberapa tahun terakhir selama pemerintahan Trump. Perang dagang ini secara tidak langsung menekan kinerja ekspor dan impor dunia, termasuk perekonomian Indonesia. Dalam hal ini, Biden sendiri diproyeksikan beberapa pengamat akan mengurangi tensi hubungan dagang dengan Tiongkok.

Dari sisi ekonomi, Joe Biden, dalam manifesto kebijakan ekonominya akan melakukan kebijakan baru seperti menaikkan berbagai macam pajak termasuk pajak korporasi yang diprediksi akan naik sebesar 15% .

Terkait belanja negara sendiri, Biden berjanji akan memberikan stimulus fiskal yang jauh lebih besar yakni sekitar USD2,5 triliun selama periode 2021 – 2024.

"Seperti diketahui bahwa perekonomian Amerika merupakan 30 % dari perekonomian dunia. Maka ketika Amerika melakukan stimulus besar maka dampaknya akan besar bagi seluruh dunia, termasuk Indonesia," kata Managing Partner Grant Thornton Indonesia Johanna Gani

Baca selengkapnya: Joe Biden Terpilih Jadi Presiden AS, Begini Keuntungan Bagi Indonesia

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini