Simak Kerangka Surat Lamaran Kerja untuk Fresh Graduate

Taufik Fajar, Jurnalis · Minggu 08 November 2020 19:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 08 455 2306194 simak-kerangka-surat-lamaran-kerja-untuk-fresh-graduate-J4lJBoW0Do.jpg Lowongan Kerja (Shutterstock)

JAKARTA - Melamar pekerjaan melalui jaringan internet saat ini memang sudah menjadi alternatif yang mudah. Pasalnya, pelamar tidak perlu lagi repot-repot untuk mendatangi langsung satu-persatu perusahaan untuk melamar kerja.

Seperti halnya, mengirimkan surat lamaran kerja melalui email. Di samping itu, cara melamar kerja lewat email memiliki beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Khususnya bagi fresh graduate.

Berikut adalah kerangka surat lamaran kerja untuk fresh graduate seperti dilansir dari laman Instagram @kemnaker, Jakarta, Minggu (8/11/2020).

 Baca juga: Hanya 38% Pekerja di Indonesia yang Masih Bahagia

Paragaf I: Berikan Intro Menarik

Memberikan penekanan pada kelebihan perusahaan dapat menarik hati perekrut dalam memilih kanditat. Tandanya rekanaker sudha mengumpulkan cukup informasi mengenai perusahaan yang dilamar.

Paragraf II dan III: Tuliskan Pengalaman dan Kemampuan

Tampilkan pengalaman yang dimiliki semada kuliah/sekolah. Tambahkan beberapa skill yang dimiliki dan relevan dengan pekerjaan.

 Baca juga: Punya Musuh di Kantor? Begini 4 Kerugiannya

Paragraf IV: Penutup dan persuasif

Bagian penutup haruslah bersifat persuasif. Misalnya, saya akan dengan senang hati membahas ini lebih lanjut. Kalimat ini menunjukkan antusiasme dalam melamar kerja.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini