Besok Harbolnas di Tengah Resesi, Siapa yang Berbelanja?

Kunthi Fahmar Shandy, Jurnalis · Selasa 10 November 2020 12:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 10 320 2307218 besok-harbolnas-di-tengah-resesi-siapa-yang-berbelanja-s4FJVd0ilM.jpg Hari Belanja Online. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Masyarakat bisa kembali merasakan diskon gede-gedean setiap ada tanggal yang sama dengan nomor bulan seperti 11.11. Namun sayang adanya diskon tersebut konsumsi masyarakat tidak kunjung membaik.

Peneliti Indef Nailul Huda mengatakan, salah satu masalah konsumsi masyarakat miskin tidak ditopang oleh acara diskon ini.

Baca Juga: Ada Harbolnas, Orang Kaya Bakal Buang Duit Lagi?

"Bagi mereka konsumsi kebutuhan pokok lebih penting dibandingkan diskon belanja online," sebut Huda, di Jakarta, Selasa (10/11/2020).

Maka dari itu, lanjut dia, harapannya adalah kelas menengah bisa memanfaatkan pesta belanja online ini untuk menggenjot konsumsinya. Namun perlu diingat, hal ini juga tidak mudah karena masyarakat kelas menengah pun menahan konsumsinya di tengah resesi.

Baca Juga: Fakta Menarik Harbolnas 2019, Cermati Nomor 5

Mereka lebih menyimpan uangnya untuk dana kesehatan di mana konsumsi untuk kesehatan di triwulan III kemarin tumbuh positif. Dengan demikian, daya beli masyarakat belum membaik pada triwulan IV-2020. Meskipun ada kenaikan dibandingkan triwulan III-2020.

"Biasanya memang triwulan IV konsumsi masyarakat lebih baik karena ada bonus tahunan dan Natal. Namun tidak akan setinggi konsumsi triwulan IV tahun lalu," katanya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini