Covid-19 Buat Semua Negara Reset Perekonomian

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 12 November 2020 16:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 12 320 2308561 covid-19-buat-semua-negara-reset-perekonomian-367KkXkJr5.jpg Krisis (Shutterstock)

JAKARTA - Pandemi virus corona (covid-19) menjadi pelajaran berharga bagi seluruh negara di dunia. Karena, pandemi ini tidak hanya berdampak pada kesehatan namun juga pada perekonomian seluruh negara.

Sekretaris Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian Yulia Astuti mengatakan, seluruh negara di dunia melakukan reset pada ekonominya masing-masing. Mengingat hampir semua ekonomi negara mengalami resesi imbas pandemi covid-19.

 Baca juga; Belum Ada yang Menang Lawan Covid-19, Ekonomi Global Penuh Ketidakpastian

"Pandemi ini memberikan pelajaran kepada kita bahwa seluruh negara saat ini sedang mereset ekonomi mereka," ujarnya saat membacakan keynote speech dari Menteri Perindustrian Agus Gumiwang dalam sebuah diskusi virtual, Kamis (12/11/2020).

Menurut Yulia, beberapa negara juga kini sedang menata ulang perekonomiannya. Sehingga dampak pandemi covid-19 bagi perekonomian negara tidak terlalu dalam.

 Baca juga: Menkeu Ungkap 'Senjata' Negara G20 Lawan Covid-19

"Sedang menata ulang perekonomian dan membuat analisa lebih lanjut kebijakan-kebijakan ekonomi di masa yang akan datang," jelasnya.

Menurut Yulia, salah satu hal yang bisa menjadi kunci bagi penataan kembali ekonomi adalah pemanfaatan teknologi digital. Menurutnya, transformasi digital bisa menjadi kunci dalam pertumbuhan ekonomi suatu negara.

"Transformasi digital menjadi hal utama dalam penataan ekonomi tersebut. Akselerasi ekonomi digital akan menjadi kunci dalam pertumbuhan ekonomi," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini