Penerbangan Internasional ke Bali Segera Dibuka, Begini Kesiapan AP I

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 13 November 2020 19:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 13 320 2309248 penerbangan-internasional-ke-bali-segera-dibuka-begini-kesiapan-ap-i-NUsHCvkK1M.jpg Penerbangan Internasional ke Bali Kabarnya Dibuka 1 Desember. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Beredar info bahwa penerbangan internasional dari dan menuju Bali akan kembali dibuka pada 1 Desember 2020. Wacana tersebut pertama kali dihembuskan Pemerintah Provinsi Bali.

VP Corporate Secretary Angkasa Pura I Handy Heryudhitiawan mengatakan, wacana tersebut masih belum diputuskan. Sebab saat ini rencana pembukaan kembali masih dalam pembahasan antara pemerintah pusat dan daerah.

Baca Juga: Penerbangan Internasional ke Bali Dibuka 1 Desember, Kemenhub: Masih Rapat

"Keputusan terkait hal tersebut saat ini masih dalam tahap kajian bersama di level pemerintah pusat dan pemerintah provinsi Bali," ujarnya saat dihubungi Okezone, Jumat (13/11/2020).

Meskipun begitu, lanjut Handy, pihaknya mengaku siap kapanpun jika nantinya pemerintah memutuskan untuk membuka kembali rute internasional. Termasuk juga untuk menyiapkan Bandara I Gusti Ngurah Rai yang ada di Bali jika nantinya keputusan tersebut sudah final.

Baca juga: Emirates Group Rugi USD3,8 Miliar di Semester I-2020

"Kami sebagai operator bandara siap kapanpun untuk kembali melayani penerbangan internasional khususnya di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali," jelasnya.

Terkait berapa rute penerbangan internasional yang akan dibuka lanjut Handy, pihaknya belum bisa memastikan. Namun pihaknya akan terus berkordinasi dengan berbagai instansi terkait.

"Terkait dengan hal tersebut kami akan berkoordinasi secara intensif dengan stakeholders terkait dan maskapai jika memang rencana pembukaan rute internasional mulai direalisasikan," jelasnya.

Sementara itu,  Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Novie Riyanto mengaku, belum mendengar kabar tersebut. Sebab saat ini masih membahas dengan beberapa stakeholder penerbangan.

Novie berjanji jika ada kabar akan segera memberikan info terbaru. “Saya belum dengar beritanya. Masih pada rapat ini,” ujarnya saat dihubungi Okezone, Jumat (13/11/2020).

Saat ditanya mengenai kemungkinan dibuka kembali rute internasional ke Bali, Novie pun enggan menjawabnya. Mantan Direktur Utama Airnav itu berspekulasi jika belum ada keputusan pasti.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini