4 Kejadian Penumpang Melahirkan di Pesawat Lion Air

Fakhri Rezy, Jurnalis · Rabu 18 November 2020 14:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 18 320 2311673 4-kejadian-penumpang-melahirkan-di-pesawat-lion-air-M9wwOCQh1W.jpg Penumpang Melahirkan di Lion Air (Foto: Dokumen Lion Air)

JAKARTA - Penumpang melahirkan di dalam pesawat kembali terjadi. Kali ini terjadi lagi di maskapai Lion Air.

Lion Air Group mengkonfirmasi adanya penanganan satu penumpang bernama Anastasia Geavani yang melahirkan di dalam pesawat udara pada. Penumpang tersebut dalam perjalanan Merauke–Jayapura– Makassar– Jakarta.

Lion juga memastikan bahwa penanganan proses persalinan sudah sesuai standar prosedur (SOP). Oleh sebab itu, Jakarta, Rabu (18/11/2020) Okezone merangkum kejadian-kejadian melahirkan di maskapai Lion Air, berikut kompilasinya:

 Baca juga: Detik-detik Penumpang Melahirkan di Pesawat Lion Air

Evakuasi penumpang yang melahirkan di Lion Air

1. Melahirkan di Lion Air pada Tahun 2012

Suryani dan Asri wajar bahagia. Pasangan ini baru saja dikarunia anak keenam yang lahir Senin 18 Juni. Kebahagiaan itu bertambah lantaran anak laki-lakinya tersebut dilahirkan di tempat yang tidak biasa. Suryani melahirkan bayinya di pesawat Lion Air yang terbang dari Bandara Soekarno-Hatta ke Bandara Sultan Hasanuddin,Makassar.

Untuk menandai sekaligus mengenang peristiwa unik tersebut, pasangan ini kemudian memberi nama anak yang lahir dengan bobot tiga kilogram dan panjang 44 cm itu dengan Lion. Nama ini merujuk pada nama perusahaan maskapai tempat bayinya tersebut lahir.

Baca juga: Foto Penampakan Penumpang Melahirkan di Pesawat Lion Air

“Orang-orang memanggilnya dengan nama Lion. Karena dia laki-laki,kami sepakat saja memberi nama Lion,” ujar Asri yang bekerja sebagai tenaga kerja Indonesia (TKI) di Malaysia ini.

Asri mengaku bahagia anaknya lahir dengan sehat dan selamat meskipun persalinan di pesawat hanya dibantu pramugari dan seorang dokter yang ikut jadi penumpang di pesawat tersebut.

“Beruntung,di pesawat ada dokter yang memberi pertolongan. Dia menggunakan tali rafia mengikat ari-arinya. Kami tidak menyangka ini bisa terjadi di pesawat. Kami bersyukur karena bisa selamat dengan sehat,” tuturnya.

Suryani mengaku lolos naik pesawat dan tidak melewati pemeriksaan. Dia mengaku bersama tiga anaknya datang dari Serawak, Malaysia. Sebelum ke Makassar,dia terbang melalui Pontianak ke Jakarta sebelum melanjutkan perjalanan ke Makassar.

Evakuasi penumpang yang melahirkan di Lion Air

Baca juga: Penumpang Lion Air Melahirkan di Pesawat

“Saya kaget juga melihat Suryani tidak pernah diperiksa. Padahal penumpang lain harus diperiksa lebih awal sebelum naik,” ujar Asri.

Dia menuturkan, sebelum berangkat dari Pontionak ke Jakarta,pihaknya sudah melakukan pemeriksaan ke dokter soal kondisi kehamilan istrinya. Hanya saja, hasil pemeriksaan dokter menyatakan dia baru akan melahirkan bulan depan.

Sehingga, istrinya itu merasa aman dalam perjalanan menuju pulang ke kampungnya di Bulukumba.

“Awalnya, saya khawatir tidak bisa pulang, karena dia kan dalam kondisi hamil. Apalagi, jika harus menggunakan pesawat. Setahu saya, itu dilarang karena ada aturan yang harus dipenuhi,” ungkapnya.

2. Melahirkan di Lion Air pada 2017

Seorang penumpang melahirkan di dalam pesawat Lion Air yang hendak lepas landas di Bandara Hang Nadim Batam. Proses persalinan berjalan dramatis karena berlangsung di dalam pesawat dan tanpa bantuan medis.

Penumpang bernama Yohana itu melahirkan bayi laki-laki tepat pukul 15.30 WIB. Bayi laki-laki ini lahir dalam kondisi selamat berkat kesiap-siagaan dan keterampilan kru pesawat.

Perawat dari klinik bandara baru tiba di pesawat setelah Yohana melahirkan. “Kami mendapat informasi dari pramugari Lion Air, ada penumpang yang melahirkan di dalam pesawat. Kami sampai, ibu tersebut sudah melahirkan dengan dibantu oleh pramugari,” ujar seorang perawat, Lisman Sari, Selasa (11/4/2017).

Lisman menambahkan, setelah pihaknya melakukan pengecekan terhadap ibu dan bayinya, keduanya lalu dirujuk ke RS Elizabeth, Batam Center. Dia memastikan, persalinan berjalan lancar dan kondisi keduanya baik-baik saja.

Sementara itu, pesawat yang ditumpangi oleh Yohanna merupakan Lion Air nomor penerbangan JT 972 rute Medan - Surabaya yang transit di Batam.

3. Melahirkan di Lion Air pada 2018

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro membenarkan salah seorang penumpang pesawat Lion Air nomor JT-996 rute Makasar-Kendari, Ufa melahirkan saat berada di dalam pesawat.

Saat itu kata Danang, posisi pesawat sudah mendarat di Bandara Haluoleo, Kendari, Sulawesi Tenggara pada pukul 20.00 WITA. Ketika proses penurunan penumpang tengah berlangsung, pihak pesawat mendapat laporan dari suami Ufa yang mengatakan istrinya tengah mengalami kontraksi

"Awak kabin bertindak cepat dan berkoordinasi guna mempersiapkan perlengkapan medis yang dibutuhkan dalam situasi darurat dan membutuhkan pertolongan cepat," kata Danang kepada Okezone, Sabtu (27/10/2018).

Awak kabin kemudian langsung membantu proses persalinan penumpang tersebut yang berlangsung di tempat duduk nomor 34 ABC bagian belakang pesawat.

"Bayinya laki laki, prosesnya dibantu pramugari cabin crew, lahirnya di atas bangku nomor 34 ABC, kursinya paling belakang," tuturnya.

Setelah melahirkan, tim medis dari pelabuhan bandara yang sebelumnya telah dihubungi baru datang dan langsung membawa penumpang tersebut ke rumah sakit terdekat di kendari.

4. Melahirkan di Lion Air pada 2020

 Lion Air Group mengkonfirmasi adanya penanganan satu penumpang bernama Anastasia Geavani yang melahirkan di dalam pesawat udara pada. Penumpang tersebut dalam perjalanan Merauke–Jayapura– Makassar– Jakarta.

Lion juga memastikan bahwa penanganan proses persalinan sudah sesuai standar prosedur (SOP). Demikian dikutip dari keterangan Lion, Rabu (18/11/2020).

Lion Air telah mempersiapkan penerbangan JT-797 secara tepat, pesawat Boeing 737-900ER registrasi PK-JT sebelum diberangkatkan sudah menjalani pemeriksaan sebelum keberangkatan serta dinyatakan laik dan aman untuk terbang (airworthy for flight).

Kru yang bertugas dalam kondisi sehat, serta seluruh penumpang telah menjalani pemeriksaan sebagaimana ketentuan yang berlaku.

Lion Air penerbangan JT-797 lepas landas dari Bandar Udara Internasional Sentani dengan jadwal keberangkatan pukul 13.35 WIT (Waktu Indonesia Timur, GMT+ 09).

Kira-kira 50 menit dari jadwal terbang, pendamping dari penumpang dimaksud meminta bantuan kepada awak kabin bahwa mengeluh sakit perut dan meminta air putih hangat.

Pimpinan awak kabin (senior flight attendant/ SFA) bernama Novitalia bersama kru kabin lainnya menghampiri langsung guna mengetahui kondisi aktual penumpang. Setelah mendapatkan informasi detail, SFA segera melakukan pengumuman (announcement) apakah dalam penerbangan terdapat profesi dokter.

Satu penumpang atas nama Marthina Setiawati Randabunga mengaku sebagai dokter dengan menunjukkan identitas resmi serta dokumen pendukung lainnya.

Koordinasi dan kerjasama yang baik antara awak kabin dan dokter, proses persalinan (melahirkan) penumpang termasuk penanganannya tersebut berjalan normal, dilakukan di kursi bagian belakang. Ibu dan anak dalam keadaan sehat serta selamat.

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini