Erick Thohir Bakal Bentuk Holding BUMN Jasa Survei, Ini Anggotanya

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 19 November 2020 14:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 19 320 2312379 erick-thohir-bakal-bentuk-holding-bumn-jasa-survei-ini-anggotanya-KF59kbured.jpg Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Kementerian BUMN)

JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), berencana membentuk holding BUMN Jasa Survei. Di mana, perusahaan pelat merah ini bergerak di bidang testing, inspeksi dan sertifikasi akan menjadi holding.

Menurut Wakil Menteri BUMN I Budi Gunadi Sadikin holding itu akan berisi 3 BUMN yaitu PT Biro Klasifikasi Indonesia, Sucofindo dan Surveyor Indonesia.

Baca Juga: BUMN Go Global 2021, Bisa Pak Erick Thohir?

"Bisnis ini melakukan uji terhadap segala macam standar yang memang diperlukan untuk semua jenis industri. Seperti industri makanan, kesehatan, elektronik, dan lain-lain," ujar dia dalam telekonfrensi, Kamis (19/11/2020).

Kemudian, lanjut dia, Biro Klasifikasi Indonesia akan ditunjuk menjadi induk dari holding BUMN yang akan dibentuk. Sedangkan Sucofindo dan Surveyor Indonesia akan bergabung di bawahnya yang kemudian diintegrasikan secara menyeluruh.

"Jadi dengan skala yang semakin besar ini kita mampu mengadopsi teknologi baru. Dan juga mampu masuk ke bisnis baru yang membutuhkan sertifikasi dan testing," jelas dia.

Dia menambahkan peluang dari berbagai sektor usaha untuk bisnis sertifikasi dan testing saat ini cukup banyak. Misalnya di sektor transportasi seperti pelabuhan yang membutuhkan sertifikasi untuk berbagai sektor keamanan.

"Apalagi di masa pandemi Covid-19 yang mementingkan keamanan kesehatan," tandas dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini