Kapan Virus Corona Berakhir? Raja Salman: Ketika Semua Orang Aman

Michelle Natalia, Jurnalis · Minggu 22 November 2020 15:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 22 320 2313971 kapan-virus-corona-berakhir-raja-salman-ketika-semua-orang-aman-le3R0CrFZv.png Pertemuan G20 Bahas Covid-19. (Foto: Okezone.com)

RIYADH - Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud mengatakan bahwa dunia menghadapi tantangan kesehatan global yang belum pernah terjadi sebelumnya. Hal ini pun berdampak terhadap individu, komunitas luas, dan ekonomi.

Sejak awal pandemi dan dalam upaya untuk mengawali respon skala global, Arab Saudi dan negara-negara lainnya bertemu di Extraordinary Summit pada Maret lalu.

"Di mana kami semua mengambil langkah cepat dan tindakan kolektif untuk melawan krisis ini. Kami sendiri akan terus melakukannya," ujar Salman di Riyadh, pada Minggu (22/11/2020).

Baca Juga: G20 Sepakat Beri Dukungan Negara Berkembang Terdampak Covid-19

Pandemi ini, kata dia, telah menunjukkan bahwa kerjasama internasional adalah cara yang optimal untuk mengatasi krisis.

"Kita harus fokus pada segmen yang paling rentan. Kita harus memberikan dukungan untuk semua negara di dunia, karena kita tidak akan aman sampai semua orang aman," tegasnya.

Pada bulan April lalu, Kerajaan Arab Saudi bergabung dengan organisasi internasional dan para pemimpin global untuk meluncurkan Access to Covid Tools-Accelerator.

Baca Juga: Pertemuan G20, Raja Salman: Perdagangan Kunci Pemulihan Ekonomi

"Kami bersama-sama memimpin Global Coronavirus Pledging Event untuk memenuhi kekurangan global dalam mengembangkan dan mendistribusikan vaksin dan alat diagnostik, di mana kerajaan kami menyumbangkan USD500 juta untuk tujuan itu," jelas Salman.

Dengan kemajuan yang dia saksikan dalam pengembangan vaksin Covid-19, prioritas utama Arab Saudi adalah memastikan akses yang terjangkau dan setara ke vaksin dan alat diagnostik untuk semua.

"Pandemi ini adalah ujian sejati bagi sistem kesehatan global kita. Oleh karena itu, melalui G20 Presidency, kami memanfaatkan sejumlah inisiatif penting untuk menguncupkan kesiapsiagaan terhadap pandemi dan kesenjangan respons," tambahnya.

Selama masa kepemimpinan Arab Saudi, dengan dukungan dari anggota G20, Salman mengatakan bahwa pihaknya mengusulkan inisiatif Access to Pandemic Tools (APT), yang bertujuan untuk memastikan fokus pada kesiapsiagaan dan respons yang berkelanjutan untuk melawan pandemi di masa depan.

Dirinya berharap untuk melanjutkan diskusi dan implementasi ini selama kepemimpinan Italia nantinya di tahun depan.

"Bersama-sama kita dapat mencapai tujuan kita untuk melindungi kehidupan, mata pencaharian, dan membentuk dunia yang lebih baik untuk mewujudkan peluang abad ke-21 bagi semua orang," pungkas Salman.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini