Milenial, Sri Mulyani Saja 2 Kali Wisuda Tanpa Dihadiri Orangtua

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 23 November 2020 05:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 22 320 2314024 milenial-sri-mulyani-saja-2-kali-wisuda-tanpa-dihadiri-orangtua-EDyKIfRNZd.png Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Foto: Okezone.com/Instagram Sri Mulyani)

JAKARTA - Generasi milenial kerap mengeluhkan perihal kebijakan sekolah dan kampus yang menerapkan wisuda daring saat pandemi Covid-19. Namun Hal itu diharapkan tak membuatnya patah arang dalam menelurkan ide-ide terbaik setelah lulus nanti.

Tak dapat dipungkiri memang upacara wisuda dan dihadiri oleh keduaorangtua itu amat diharapkan sang mahasiswa yang baru lulus kuliah. Namun, siapa sangka seorang Menteri Keuangan Sri Mulyani saja pernah mengalami momen dua wisuda tanpa dihadiri orangtua.

"Agustus 1986 - sewaktu wisuda Sarjana Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, orang tua saya tidak dapat hadir karena sedang melaksanakan ibadah haji di tanah suci Mekkah. Tentu membuat kebahagiaan wisuda menjadi tidak sempurna. Meski saya beruntung dapat foto dengan Menteri Pendidikan Fuad Hasan waktu itu," tulis akun Instagram @smindrawati.

Tak hanya itu, dia juga mengisahkan bahwa ketika dirinya menyelesaikan program doktor ekonomi di University of Illinois - Urbana Champaign Amerika Serikat, kedua orangtuanya pun tak bisa hadir juga. Kali ini, alasannya karena mereka tak memiliki biaya untuk datang ke upacara wisuda sang buah hati di Negeri Paman Sam tersebut.

"Kembali tahun 1992 - saat menyelesaikan program doktor (S3) ekonomi, wisuda saya di University of Illinois - Urbana Champaign Amerika Serikat tidak dihadiri orang tua karena ketiadaan biaya, namun alhamdulillah dihadiri suami dan putri kecilku," sambung @smindrawati.

Baca Selengkapnya: Cerita Sri Mulyani, 2 Kali Wisuda Tak Dihadiri Orangtua

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini