Bos OJK: Bunga Bank Pasti Turun

Rina Anggraeni, Jurnalis · Selasa 24 November 2020 15:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 24 320 2315300 bos-ojk-bunga-bank-pasti-turun-xIUsTwxgNG.jpg Perbankan. Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebut suku bunga perbankan saat ini masih dalam tahap transmisi kebijakan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI).

Ketua OJK Wimboh Santoso mengatakan suku bunga perbankan dijamin akan turun mengikuti tren penurunan suku bunga BI.

Baca Juga: 4 Pertimbangan Bank Sebelum Perpanjang Restrukturisasi Kredit

"Suku bunga tidak ada masalah, ini hanya masalah waktu transmisi saja, kita akan monitor, suku bunga pasti turun," kata Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso dalam video virtual, Selasa (24/11/2020).

 

Kata dia, bank sentral telah beberapa kali menurunkan suku bunga acuan hingga ke level 3,75%. Sementara Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) juga membuka peluang untuk menurunkan suku bunga simpanan perbankan.

"Tadi BI menurunkan policy rate, oke. Tadi Pak Yudhi (Ketua Dewan Komisioner LPS) siap akan menurunkan, sehingga menstimulasi penurunan suku bunga deposito. Bahkan pemerintah sudah menstimulasi dengan menempatkan dana di beberapa bank," ungkapnya.

Dia menambahkan sejauh ini bank sebenarnya sudah siap untuk menurunkan suku bunganya. Sementara di sisi lain, ketersediaan likuiditas di perbankan juga tidak menjadi masalah, sehingga diharapkan penurunan suku bunga bisa memacu permintaan kredit.

"Kami memang melihat sudah ada penurunan sekarang, bunga in average sudah single digit. Cuma saya juga merasa kurang cepat, gitu saja. Bagaimana kita percepat, tidak ada masalah," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini