3 Cara Mudah Siapkan Dana Darurat agar Keuangan Selamat

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Selasa 24 November 2020 20:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 24 622 2315391 3-cara-mudah-siapkan-dana-darurat-agar-keuangan-selamat-v0ixePhung.jpg saham (Shutterstock)

JAKARTA - Di tengah masa ketidakpastian keuangan seperti saat ini, dana darurat akan menjadi sangat berguna. Menyimpan dana darurat sangatlah penting karena ini akan membantu mengatasi masalah keuangan di masa-masa sulit.

Dilansir dari Real Simple Jakarta, Selasa (24/11/2020), para ahli menjelaskan ada cara mudah untuk membangun dana darurat yang akan membantu di masa depan. Bahkan Anda bisa lakukan di masa saat ini.

Baca juga: Begini Cara agar BLT Tak Ludes saat Libur Akhir Tahun

Alihkan Pengeluaran Tidak Perlu untuk Tabungan Dana Darurat

Terjebak di dalam rumah karena pandemi tentu memberikan manfaat dalam menghemat keuangan. Anda tidak mengeluarkan budget makan di restoran atau berbelanja di mall. Inilah saat yang tepat untuk menyimpan uang tersebut sebagai tabungan dana darurat masa depan Anda.

“Selama masih memiliki penghasilan, maka Anda dapat mengalihkan uang itu untuk menopang dana tabungan darurat Anda,” tutur Kimberly Palmer, pakar keuangan pribadi NerdWallet.

Baca juga: Heboh Pembobolan Rekening, LPS Pastikan Nabung di Bank Tetap Aman

Buat Anggaran

 

Jika Anda belum memiliki anggaran untuk rumah tangga, sekaranglah waktunya untuk memulai. Mulailah dengan menilai pendapatan Anda saat ini dan mengalokasikannya untuk kebutuhan utama terlebih dahulu.

Brian Walsh, seorang perencana keuangan bersertifikat dengan SoFi, menyarankan menggunakan metode penganggaran 50-30-20. 50 persen untuk kebutuhan seperti perumahan dan makanan, 30 persen untuk pengeluaran tidak penting, dan 20 persen menabung untuk masa depan.

Konsultasi dengan Pakar Keuangan

Penasihat Tammy Butts, meminta untuk memeriksa aset likuid dan tabungan pensiun Anda, apabila berada dalam kondisi darurat. Cobalah untuk tidak bergantung pada kartu kredit. Dia juga menyarankan untuk berkonsultasi dengan pakar keuangan sebelum membuat keputusan besar tentang memanfaatkan investasi apa pun yang Anda miliki selama keadaan darurat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini