Libur Akhir Tahun Berkurang, Jatah Liburan PNS Akan Dipangkas

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 25 November 2020 10:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 25 320 2315734 libur-akhir-tahun-berkurang-jatah-liburan-pns-akan-dipangkas-kEIAe5qux3.jpg Libur Panjang Akhir Tahun Dikurangi, Jatah PNS Bagaimana? (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah dipastikan memangkas libur akhir tahun ini. Hal ini dilakukan mencegah terjadinya lonjakan kasus Covid-19 yang hingga saat ini belum juga turun.

Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) Dwi Wahyu Atmaji mengatakan, pemangkasan libur akhir tahun juga berlaku kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN). Namun mengenai berapa hari yang dipangkas baru akan dibahas Menteri pada hari ini.

Baca Juga: Libur Akhir Tahun Dikurangi, SKB Tiga Menteri Direvisi

Sebagai gambaran, penetapan libur atau cuti bersama nantinya akan dilakukan lewat Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri. Dalam SKB tersebut ada, tiga Menteri yang dilibatkan, yakni Menteri Koordinator bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB), dan Menteri Ketenagakerjaan.

“Akan dipangkas (libur untuk ASN). Baru hari ini akan dibahas para Menteri,” ujarnya saat dihubungi Okezone, Rabu (25/11/2020).

Baca Juga: Jokowi Putuskan Libur Akhir Tahun Dikurangi

Nantinya, lanjut Dwi, akan ada sanksi yang dikenakan bagi para ASN yang melanggar dan dengan membolos kerja di akhir tahun. Namun dirinya tidak menyebutkan secara rinci sanksi apa nantinya yang akan dikenakan kepada para ASN yang bandel tersebut.

“Pasti (ada sanksi bagi ASN yang bandel atau tak patuh pada aturan),” ucapnya.

Oleh karena itu, nantinya pengawasan akan diperketat misalnya dengan melibatkan laporan masyarakat. Selain itu juga beberapa instansi yang menggunakan foto dan lokasi untuk absensi.

“Ya antara lain kalau ada laporan masyarakat. Sebagian sudah ada yg punya sistem absen yang ada foto dan lokasinya,” ucapnya

Sebagai informasi, pemerintah telah memutuskan untuk mengurangi libur akhir tahun. Sebagai tindaklanjut pemerintah akan segera merevisi Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri PANRB No.440/2020, 03/2020, 03/2020.

“Benar (akan direvisi),” kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Tjahjo Kumolo.

Dia mengatakan bahwa hal ini akan dirapatkan bersama Menko PMK dalam beberapa hari ke depan. “Dalam beberapa hari ke depan akan dirapatkan oleh Menko PMK untuk merevisi keputusan libur akhir tahun,” ungkapnya.

Baca Juga: Jokowi Putuskan Libur Akhir Tahun Dikurangi 

Tjahjo menyebut bahwa pengurangan libur akhir tahun dikarenakan adanya peningkatan covid setelah libur akhir Oktober hingga awal November lalu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini