BLT Subsidi Gaji Cair, Menaker: Untuk Kebutuhan Sehari-hari

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 26 November 2020 08:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 26 320 2316357 blt-subsidi-gaji-cair-menaker-untuk-kebutuhan-sehari-hari-aHTX0I52WG.jpg Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah. (Foto: Okezone.com/Dok. Kemnaker)

JAKARTA - Kementerian Ketenagakerjaan kembali menyalurkan Bantuan Subsidi Gaji atau Upah (BSU) termin kedua. Artinya, penyaluran BSU termin kedua sebesar Rp1,2 juta telah disalurkan hingga batch atau tahap V.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan, pemberian subsidi gaji banyak disambut positif oleh masyarakat yang memiliki penghasilan di bawah Rp5 juta. Hal ini didapatkan berdasarkan kajian yang dilakukan Barenbang Kementerian Ketenagakerjaan.

Baca Juga: BLT Rp1,2 Juta Cair Lagi ke 567.723 Pekerja, Sudah Terima Belum?

“Alhamdulillah para penerima BSU tersebut mengaku adanya BSU sangat membantu,” ujarnya dalam keteranganya, Rabu (26/11/2020).

Dalam kajian tersebut masyarakat mengakui jika subsidi gaji atau upah memberikan dampak positif terhadap konsumsi rumah tangga dan pertumbuhan ekonomi. Dengan kata lain, dapat disimpulkan jika subsidi gaji atau upah bagi pekerja atau buruh dengan terbukti dapat mendorong konsumsi rumah tangga yang pada akhirnya dapat berkontribusi pada peningkatan pertumbuhan ekonomi.

“Untuk mempertahankan daya beli dan konsumsi rumah tangga khususnya pemenuhan kebutuhan sehari-hari," kata Menaker Ida.

Baca Juga: Penghambat Pencairan BLT Subsidi Gaji, Rekening Dibekukan

Oleh karena itu, pada hari ini pemerintah kembali menyalurkan kembali BSU. Kali ini giliran 567.723 yang mendapatkan BSU pada termin kedua gelombang kelima.

Dengan disalurkannya batch kelima subsidi gaji ini, maka Kemnaker telah menyalurkan BSU kepada 11,05 juta penerima. Sementara jumlah yang terdaftar yang akan diberikan BSU oleh Kemnaker adalah 12.252.668 penerima.

Secara rinci Menaker menjelaskan penyaluran BSU sejak tahap I hingga tahap V. Tahap I Kemnaker menyalurkan BSU kepada 2.180.382 pekerja atau buruh, sementara untuk tahap II disalurkan kepada 2.713.434 pekerja atau buruh.

Kemudian untuk tahap III disalurkan kepada 3.149.031 pekerja atau buruh. Lalu untuk tahap IV 2.442.289 pekerja atau buruh dan tahap V kepada 567.723 juta pekerja atau buruh.

"Penyaluran BSU ini, tentunya setelah diproses oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) kepada bank penyalur, untuk selanjutnya di ditransfer ke rekening penerima baik Himbara (Himpunan Bank-Bank milik Negara) maupun non-Himbara, " kata Menaker Ida

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini