Cara Kumpulkan Tabungan Pensiunan, Start di Usia 30 Tahun

Reza Andrafirdaus, Jurnalis · Kamis 26 November 2020 18:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 26 622 2316576 cara-kumpulkan-tabungan-pensiunan-start-di-usia-30-tahun-5OuSUgYGCV.jpg Pensiunan (Business Insider)

JAKARTA – Menabung masa pensiun mungkin belum terpikirkan oleh sebagian orang. Menabung pasti akan dilakukan untuk mempersiapkan waktu pensiun yang segera datang.

Perencana Keuangan Institut Psikologi Keuangan, Brad Klontz, Psy.D mengatakan bahwa menabung untuk masa yang akan datang memang memiliki banyak cobaan. Pikiran akan memprioritaskan pada kebutuhan saat ini. Dia juga mengatakan menambahkan kalau menabung untuk jangka waktu yang panjang biasanya sulit dilakukan.

 Baca juga: Keuntungan Kartu Kredit yang Jarang Diketahui

Pemikiran sulit seperti itu harus segera dihilangkan supaya rencana untuk mengumpulkan tabungan bisa dilakukan. Dilansir dari Real Simple, Kamis (26/11/2020), berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengumpulkan tabungan pensiun berdasarkan jenjang umur.

1. Ketika umur 30 Tahun

Katie Waters, Perencana Keuangan Satbel Waters Financial menyarankan, masukan lima hingga enam persen pendapatan sebelum pajan ke dalam tabungan pensiunan. Kemudian masukan lima hingga enam persen lainnya ke tabungan jangka pendek agar dapat memenuhi kebutuhan saat ini.

 Baca juga: 5 Cara Hitung-hitungan Keuangan Pribadi saat Covid-19, Abaikan Kenaikan Gaji

Jika tabungan pensiunan telah terkumpul, gunakan 15 persen dari jumlah tersebut untuk berinvestasi. Investasi juga akan menambahkan jumlah uang di dalam tabungan agar terus bertambah.

2. Ketika Umur 40 Tahun

Cobalah untuk bermain di saham, cara itu bisa juga digunakan untuk mengumpulkan tabungan untuk masa pensiun. Kemudian setelah menemukan momentum yang pas pada tabungan tersebut, gunakan checkpoint supaya bisa memutar uang sedikit lebih tinggi.

3. ketika Umur 50 Tahun

Ketika memasuki umur 50 tahun, masa pensiun terasa datang tiba-tiba. Dari masa bekerja penuh akan berganti kewaktu bersantai yang panjang. Suatu survei menunjukkan, hampir dari setengah pra-pensiunan berencana untuk pensiun secara bertahap, seperti beralih ke pekerjaan paruh waktu. Hampir 20% pun mengatakan ingin mencoba hal baru, seperti berbisnis ataupun pindah ke perusahaan lain.

"Semakin jelas Anda membayangkan seperti apa masa pensiun yang Anda inginkan, semakin termotivasi Anda untuk mengupayakannya," kata Deacon Hayes, penulis You Can Retire Early. Meluncurkan bisnis sampingan sambil melakukan pekerjan biasanya akan menjamin rencana keuangan yang baik ketika sudah masuk waktu pensiun nanti.

4. Ketika Umur 60 Tahun

Fidelity Investments merekomendasikan 10 kali lipat pendapatan tahunan yang dikumpulkan dalam tabungan pensiun pada usia 67 tahun.

“Perhitungan ini bisa menakutkan, terutama jika Anda gagal,” katanya. Tetapi lebih baik mengetahui sekarang, daripada setelah memasuki masa pensiun, haruskah berencana bekerja lagi untuk melipatgandakan tabungan pensiunan.

Ingatlah juga bahwa usia dapat menentukan faktor besar dalam tunjangan dan "usia pensiun penuh" Anda mungkin tidak sama dengan pasangan atau kolega. Klaim manfaat sebelum Anda mencapai target itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini