7 Strategi Hemat Uang Selama Liburan

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Jum'at 27 November 2020 22:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 27 622 2317364 7-strategi-hemat-uang-selama-liburan-L7P2WY6eE0.jpeg Tips Mengatur Keuangan (Foto: Shutterstock)

JAKARTA Liburan adalah waktu yang tepat untuk beristirahat dan memanjakan diri. Sebagian orang memilih menghabiskan waktu bersama keluarga ataupun teman-teman.

Ketika berlibur, sebagian besar biasanya akan menghabiskan banyak uang untuk berkunjung ke tempat wisata, membeli makanan dan minuman, hingga menginap di hotel. Hal itu yang membuat kebanyakan orang berpikir berlibur memerlukan budget besar. Padahal ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghemat pengeluaran selama liburan.

Dilansir dari Real Simple Jakarta, Jumat (27/11/20), para ahli keuangan membagikan cara-cara cerdas untuk mengurangi pengeluaran namun tetap mendaptkan liburan yang mengesankan.

Baca Juga: Utang Menumpuk, Baiknya Langsung Lunasin atau Dicicil?

Memotong Pengeluaran Sejak Awal

Presiden deposito di Marcus oleh Goldman Sachs, Shirley Yang mengatakan bahwa semakin awal mengurangi pengeluaran, maka akan semakin baik. Jika terlambat untuk memotong lebih awal, membatasi pengeluaran untuk acara-acara yang berhubungan dengan liburan juga dapat sangat membantu.

“Kurangi pengeluaran yang tidak penting, seperti perjalanan tambahan di menit-menit terakhir,” katanya.

Baca Juga: Heboh Pembobolan Rekening, LPS Pastikan Nabung di Bank Tetap Aman

Buat Rencana Anggaran Pengeluaran

Menurut survei 2018 dari Marcus oleh Goldman Sachs, pengeluaran liburan terbesar ada di biaya perjalanan, hiburan, dan pembelian hadiah. Maka dari itu, sebelum melakukan liburan, baiknya membuat anggaran pengeluaran. Ini bertujuan untuk menghindari pengeluaran yang tidak perlu.

“Putuskan apa yang secara realistis dapat Anda beli,” kata Yang.

 

Cek Kartu Kredit

Beberapa kartu kredit terkadang memberikan fasilitas perlindungan uang. Sejumlah uang akan kembali ketika anda membeli sesuatu. Ini akan memberikan keuntungan dan menghemat pengeluaran selama liburan.

Belanja Lebih Awal

Memulai belanja lebih awal akan membantu terhindar dari mengambil keputusan yang terburu-buru dan membeli barang yang mahal. Belanja liburan di waktu-waktu terakhir berarti melewatkan penawaran dan terjebak dengan harga berapa pun yang ditawarkan saat itu.

Pertimbangkan Membuat Tabungan Terpisah

Jika khawatir akan menghabiskan banyak pengeluaran untuk liburan, Yang menyarankan untuk menyisihkan tabungan khusus liburan di awal tahun (atau bahkan tahun sebelumnya).

Lakukan Riset Harga

Sebelum akan membeli sesuatu, ada baiknya melakukan riset terkait harga barang tersebut. Teliti dalam melihat harga. Terkadang barang yang disebut ‘obral’ tidak memberikan kualitas yang baik. Putuskan membeli barang hanya jika sudah mengunjungi banyak toko.

Belanja Sesuai Kemampuan

Jangan berbelanja lebih dari anggaran yang sudah dibuat. Hindari menggunakan pinjaman pribadi atau kartu kredit. Sebab hal itu dapat menciptkan kebiasaan buruk yaitu melakukan pengeluaran berlebihan atau bahkan berutang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini