Jokowi: PNS Junior Harus Diberikan Kesempatan Tampil

Giri Hartomo, Jurnalis · Minggu 29 November 2020 13:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 29 320 2318248 jokowi-pns-junior-harus-diberikan-kesempatan-tampil-a36r1DeJMs.jpg PNS (Foto: Koran Sindo)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo meminta tak ada lagi sekat-sekat antara PNS junior dan senior. Dirinya menginginkan agar memberikan kesempatan kepada junior untuk bisa tampik di depan.

Namun dengan syarat, ASN junior ini memiliki kualitas dan keterampilan. Apalagi, ASN yang bersangkutan tersebut memiliki kreativitas dan pemahaman teknologi digital yang baik.

Baca Juga: Sistem Gaji Diubah, Korpri: Yang Penting Gaji PNS Lebih Tinggi dan Sejahtera 

“Konsekuensinya kompetensi SDM ASN harus menyesuaikan. mindsetnya harus goal oriented, adaptif dengan ilmu pengetahuan dan teknologi, memberikan kesempatan kepada yang terampil dan ahli walaupun masih junior untuk tampil di depan,” ujarnya dalam acara HUT Korpri ke-49, Minggu (29/11/2020).

Baca Juga: Sistem Gaji PNS Berubah, BKN: Kalau Turun Jadi Ribut 

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga meminta kepada ASN untuk selalu melakukan inovasi untuk memecahkan berbagai macam masalah. Sehingga tugas ASN sebagai pelayan masyarakat juga bisa dijalankan secara maksimal.

“Serta berpikir kreatif dan inovatif untuk memecahkan masalah dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu, pemerintah juga terus mempercepat penyederhanaan birokrasi dan struktural. Menurutnya, kedua hal ini tidak bisa lagi ditunda-tunda, karena pandemi covid-19 mengharuskan untuk bekerja dengan cepat.

“Lembaga yang tumpang tindih dan tidak efisien harus diintegrasikan. Jenjang eselonisasi yang panjang harus dipangkas untuk mempercepat pengambilan keputusan. SOP panjang yang panjang dan kaku harus diringkas dan fleksibel dan berorientasi pada hasil,” jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini