Selain Boros Anggaran, Ini 3 Alasan Jokowi Bubarkan Puluhan Lembaga Negara

Dita Angga R, Jurnalis · Rabu 02 Desember 2020 09:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 02 320 2319995 selain-boros-anggaran-ini-3-alasan-jokowi-bubarkan-puluhan-lembaga-negara-i3ZlN70f2d.jpg Jokowi (Foto: BPMI Setpres)

JAKARTA - Ada beberapa alasan suatu lembaga non struktural (LNS) dibubarkan. Seperti diketahui pemerintah baru saja membubarkan 10 LNS melalui Perpres 112 tahun 2020.

Alasan pertama pembubaran adalah keberadaan LNS tersebut dinilai tidak efektif dan efisien.

“Keberadaannya menjadikan kerja birokrasi menjadi tidak efisien dan efektif,” kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Tjahjo Kumolo melalui pesan singkatnya, Rabu (2/12/2020).

Baca Juga: 10 Lembaga Negara Dibubarkan, Jokowi Hemat Rp227 Miliar

Kemudian alasan pembubaran yang kedua adalah adanya duplikasi fungsi di kementerian yang sudah ada.

“Duplikasi fungsi dengan fungsi jabatan JPT Madya di Kementerian. Sehingga menjadikan unit kerja di kementerian disfungsi alias tumpul,” ungkapnya.

Lalu alasan lainnya adalah kinerja LNS tidak berkontribusi significant pada pencapaian kinerja pemerintahan/kementerian induknya.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa pembubaran LNS bukan hanya untuk penghematan. Namun merupakan bagian dari kebijakan debirokratisasi.

“Tidak semata-mata pertimbangan pemborosan. Namun merupakan konsekuensi dari kebijakan debirokratisasi dan deregulasi. Makin banyak lembaga tidak serta merta diikuti dengan makin baik kinerjanya pemerintah,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini