Jurus Ahok Pikat Investor: Cuan, Cengli dan Cincai

Rina Anggraeni, Jurnalis · Kamis 03 Desember 2020 08:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 03 455 2320662 jurus-ahok-pikat-investor-cuan-cengli-dan-cincai-Lyfb90d3XR.jpg Ahok (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah menyiapkan berbagai macam cara menarik investor agar datang ke Indonesia. Mulai dari pembenahan aturan, izin hingga sowan ke luar negeri. Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahja Purnama alias Ahok punya cara tersendiri gaet investor.

Ahok buka-bukaan soal strategi agar investor terus datang ke Indonesia. Dia pun berencana menerapkan prinsip yang dipegang oleh orang China. Prinsip 3C tersebut adalah Cuan, Cengli dan Cincai. Hal ini yang akan diterapkan Ahok di Pertamina.

"Ada prinsip 3C yang biasanya orang China sebut. Cuan, Cengli dan Cincai. Ini merupakan prinsip semua investor untuk berinvestasi. Ini yang harusnya bisa kita jawab," ujar Ahok dalam video virtual, Rabu (2/12/2020).

Baca Juga: Kejayaan Migas Telah Berlalu, Ini Maksud Menteri ESDM 

Ahok meminta pemerintah mendukung fleksibilitas penyerapan minyak mentah dalam negeri. Salah satunya mengekspor mimyak mentah ke luar negeri.

"Sebagian minyak mentah dalam negeri tidak ekonomis untuk diolah di kilang dalam negeri. Minyak mentah ini bisa diekspor," imbuhnya

Menurutnya, skema fleksibilitas dalam penyerapan minyak mentah dalam negeri akan membantu menekan defisit neraca transaksi berjalan saat ini.

"Agar bisa mengekspor minyak berharga tinggi dan mengimpor produk dengan harga lebih murah," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini