Tips Menghasilkan Cuan saat Nganggur, Langkah Ini Patut Dicoba

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Jum'at 04 Desember 2020 04:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 03 455 2320814 tips-menghasilkan-cuan-saat-nganggur-langkah-ini-patut-dicoba-18b9aqJfJv.jpeg Uang Rupiah. Foto: Ilustrasi Shutterstock

JAKARTA – Pandemi Covid-19 telah menyebabkan kenaikan angka pemutusan hubungan kerja (PHK) yang signifikan. Lebih dari jutaan orang di seluruh dunia kehilangan pekerjaannya. Kehilangan pekerjaan memang menjadi momen yang menyedihkan. Terlebih bagi mereka yang merupakan kepala keluarga dan memerlukan biaya untuk menghidupi keluarganya. Namun, ini juga dapat menjadi peluang bagi banyak orang untuk mengejar impian kewirausahaan.

Dilansir dari The Balance Jakarta, Kamis (3/12/20), jika ingin memulai bisnis sambil mengumpulkan tunjangan pengangguran, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum benar-benar memulainya.

Baca juga: Buka Jasa Konsultasi Bisnis? Siap-Siap Hadapi Ini

Bisakah Mengumpulkan Pengangguran dan Memulai Bisnis?

Memulai bisnis bisa dilakukan sambil mengumpulkan pengangguran, tetapi ini dapat memengaruhi jumlah tunjangan mingguan dan dapat dipengaruhi oleh waktu yang dibutuhkan untuk mencari pekerjaan penuh waktu. Secara umum, tidak ada yang melarang seseorang memulai bisnis sambil mengumpulkan pengangguran.

"Gunakan waktu ini untuk melakukan semua kerja keras, pekerjaan dasar, dan perencanaan memulai bisnis," kata David L. Barron, pengacara ketenagakerjaan di Cozen O’Connor dalam wawancara telepon.

 

Pro dan Kontra Memulai Bisnis Saat Menganggur

Memulai bisnis saat menganggur menjadi waktu yang tepat untuk mempertimbangkan pilihan karir lain. Ini juga dapat menguji kemampuan diri sebagai bos dan membuka peluang mengubah hobi menjadi bisnis yang menguntungkan. Namun, setiap upah yang diperoleh dapat mengurangi tunjangan pengangguran. Pendanaan juga mungkin akan sulit didapat. Mempelajari cara memulai bisnis bisa jadi lebih menantang.

Strategi Memulai Bisnis Saat Menganggur

Selama penurunan ekonomi, bersikaplah strategis dengan jenis bisnis yang akan dipilih. Bisnis seperti bengkel mobil, layanan penulisan resume, dan bimbingan belajar sering kali berkembang pesat. Mulailah membuat bisnis yang membutuhkan modal lebih sedikit.

“Situasi keuangan setiap orang dan alasan ingin memulai bisnis berbeda-beda. Ingatlah untuk mendidik diri sendiri dan menggunakan sumber daya yang tersedia untuk pemilik bisnis kecil baru dan yang sudah ada,” kata Toi Davis, manajer program, program bisnis kecil di University of Texas Extended Campus.

Sumber Daya Startup Bisnis Kecil Lainnya

Terdapat banyak sumber daya gratis tersedia bagi mereka yang berencana memulai bisnis kecil. Beberapa situs web menawarkan panduan sumber daya dan koneksi ke asosiasi dan mentor lokal yang dapat membantu menciptakan bisnis.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini