Surat Utang Negara, Alternatif Investasi yang Bebas Risiko Gagal Bayar

Alya Ramadhanti, Jurnalis · Minggu 06 Desember 2020 14:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 06 278 2322638 surat-utang-negara-alternatif-investasi-yang-bebas-risiko-gagal-bayar-7JEzN7asfu.jpg Investasi di Surat Utang Negara. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Surat Utang Negara (SUN) merupakan salah satu jenis efek bersifat utang. SUN juga menjadi salah satu instrumen yang bisa dijadikan investasi.

SUN adalah surat berharga berupa surat pengakuan utang dalam mata uang Rupiah maupun valuta asing yang dijamin pembayaran bunga dan pokoknya oleh Negara Republik Indonesia, sesuai dengan masa berlakunya.

Baca Juga: Mau Investasi di Surat Utang Negara, Pahami Tujuannya karena Tak Sembarangan

Sebelum diedarkan untuk di lelang di pasar modal, jumlah SUN yang akan diterbitkan setiap tahun anggaran harus memperoleh persetujuan DPR dan dikonsultasikan dengan Bank Indonesia (BI).

Mengutip dari data Direktorat Surat Utang Negara Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang Kementerian Keuangan RI, Minggu (6/12/2020), berikut manfaat dari penerbitan Surat Utang Negara.

Pertama, Sebagai Instrumen Fiskal

Penerbitan SUN diharapkan dapat menggali potensi sumber pembiayaan APBN yang lebih besar dari investor pasar modal.

Baca Juga: Mengenal Interest Rates hingga Jatuh Tempo pada Obligasi

Kedua, Sebagai Instrumen Investasi

Menyediakan alternatif investasi yang relatif bebas risiko gagal bayar dan memberikan peluang bagi investor dan pelaku pasar untuk melakukan diversifikasi portofolionya guna memperkecil risiko investasi.

Selain itu, investor SUN memiliki potential capital gain dalam transaksi perdagangan di pasar sekunder SUN tersebut. Potential capital gain ialah potensi keuntungan akibat lebih besarnya harga jual obligasi dibandingkan harga belinya.

Ketiga, Sebagai Instrumen Pasar Keuangan

Surat Utang Negara dapat memperkuat stabilitas sistem keuangan dan dapat dijadikan acuan (benchmark) bagi penentuan nilai instrumen keuangan lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini