'Kampak' Rp10.000 dari Bansos Covid-19, Mensos Untung Berapa Ya?

Taufik Fajar, Jurnalis · Minggu 06 Desember 2020 15:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 06 320 2322661 kampak-rp10-000-dari-bansos-covid-19-mensos-untung-berapa-ya-2S26TPW9FO.jpg Mensos Juliari Batubara Ditetapkan Sebagai Tersangka. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan dua Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) di Kementerian Sosial (Kemensos) sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait pengadaan bantuan sosial (bansos) untuk penanganan Covid-19. Dua pejabat Kemensos tersebut yakni, Matheus Joko Santoso (MJS) dan Adi Wahyono (AW).

Matheus dan Adi Wahyono diduga mengambil jatah Rp10 ribu dari tiap paket bansos berupa sembako seharga Rp300 ribu. Dari jatah Rp10 ribu di tiap paket sembako, diduga ada yang mengalir untuk Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara.

Baca Juga: Jokowi: Bansos Sangat Dibutuhkan Rakyat

Lantas berapa yang didapatkan Mensos Juliari P Batubara dari paket bansos itu?

Dari pencatutan Rp10 ribu di tiap paket sembako, Mensos Juliari Batubara diduga kebagian jatah Rp17 miliar. Uang sebesar Rp17 miliar itu bersumber dari dua periode pengadaan paket bansos berupa sembako untuk penanganan Covid-19.

Baca Juga: Jokowi Tunjuk Menko PMK Jadi Plt Mensos, Bukan Luhut

"Untuk fee tiap paket Bansos di sepakati oleh MJS dan AW sebesar Rp10 ribu perpaket sembako dari nilai Rp300 ribu perpaket Bansos," ujar Ketua KPK, Firli Bahuri saat menggelar konpers di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Minggu (6/12/2020).

Matheus dan Adi Wahyono ditunjuk sebagai PPK Kemensos oleh Juliari Batubara. Matheus dan Adi punya wewenang menunjuk langsung para rekanan yang akan ikut dalam pengadaab paket bansos penanganan Covid-19.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bantuan sosial (bansos) saat ini sangat dibutuhkan masyarakat, apalagi di tengah pandemi saat ini. Oleh karena itu, dirinya menegaskan bahwa pejabat negara seharusnya menciptakan sistem yang menutup celah terjadinya korupsi baik untuk APBN maupun APBD provinsi, kabupaten, dan kota.

Baca Juga: Jokowi Tunjuk Menko PMK Jadi Plt Mensos, Bukan Luhut

Hal ini dia sampaikan terkait Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara sebagai tersangka penerima suap.

Dia diduga menerima suap terkait pengadaan bantuan sosial (bansos) berupa paket sembako untuk penanganan Covid-19 di wilayah Jabodetabek.

“Itu uang rakyat, apalagi ini terkait dengan bansos, bantuan sosial dalam rangka penanganan covid dan pemulihan ekonomi nasional. Bansos itu sangat dibutuhkan untuk rakyat,” ujar dia

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini