Share

Chandra Asri Resmi Merger dengan SMI

Feby Novalius, Jurnalis · Senin 07 Desember 2020 18:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 07 278 2323349 chandra-asri-resmi-merger-dengan-smi-6GZDKByztu.jpeg Merger (Foto: Shutterstock)

JAKARTA  - Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) telah menyetujui penggabungan usaha (merger) dengan PT Styrindo Mono Indonesia (SMI).

Direktur dan Sekretaris Perusahaan Suryandi mengatakan, tujuan penggabungan adalah untuk menciptakan perusahaan petrokikia yang lebih terintegrasi di Indonesia dan lebih mampu bersaing dengan pemain petrokimia utama regional yang sebagian besar telah terintegrasi.

Menurut dia, penggabungan ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas kegiatan usaha perusahaan sehari-hari dan diyakini dapat menguntungkan seluruh pemangku kepentingan termasuk pemegang saham publik Chandra Asri.

"Dalam prosesnya, seluruh karyawan PT SMI akan menjadi karyawan Chandra Asri sehingga tidak ada pemutusan hubungan kerja," ucap Suryandi dalam keterangan resminya, Senin (7/12/2020).

Baca Juga: Obligasi Chandra Asri Rp1 Triliun Terserap 100% di Tengah Covid-19

Dia mengaku, SMI akan menggabungkan diri dengan Chandra Asri dan Chandra Asri berperan sebagai perusahaan penerima penggabungan.

Setelah penggabungan menjadi efektif, kata dia, Chandra Asri akan tetap menjadi perusahaan terbuka yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Penggabungan ini direncanakan akan berlaku efektif sejak tanggal 1 Januari 2021.

PT SMI yang merupakan entitas anak TPIA didirikan pada tahun 1991 dan satu-satunya manufaktur styrene monomer di Indonesia hingga saat ini dengan kapasitas produksi 340 kiloton per annum (KTA) yang berlokasi di Bojonegara, Serang, Provinsi Banten.

Styrene monomer, produk utama Styrindo Mono Indonesia, merupakan bahan bagi industri hilir seperti PS (Polystyrene), EPS (Expanded Polystyrene), SAN (Styrene Acrylonitrile), ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene), SBR (Styrene Butadiene Rubber), SBL (Styrene Butadiene Latex) dan UPR (Unsaturated Polyester Resin).

Dalam acara rapat, lanjut dia, telah disetujui juga rancangan penggabungan dan konsep akta penggabungan, serta perubahan anggaran dasar.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini