Menabung Sejak Dini, 70% Pelajar Ditargetkan Punya Rekening Bank

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 07 Desember 2020 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 07 622 2323362 menabung-sejak-dini-70-pelajar-ditargetkan-punya-rekening-bank-KRe0v2Z515.jpg Bank (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Menanamkan budaya menabung sejak dini atau semasa sekolah harus terus diedukasi para orangtua kepada sang buah hatinya. Karena diharapkan nantinya dari sebuah budaya itu terbentuk sebuah karakter.

“Sejauh ini pencapaiannya sudah 36,27 juta ini sekitar 49% dari jumlah pelajar. Kita akan dorong terus tahun 2021 jadi 70% dari jumlah pelajar,” kata Anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Tirta Segara dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (7/12/2020).

Baca Juga: Masyarakat Berbondong-bondong 'Timbun' Duit di Bank, Ini Buktinya

Dia menjelaskan, pihaknya bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Agama dengan meluncurkan program 1 rekening 1 pelajar (Kejar).

“Kami dapat dukungan dari dinas-dinas di provinsi dan Kemendikbud. Jadi sudah diterbitkan 113 surat edaran dari Pemda,” ujarnya.

Menurut dia, dengan membiasakan anak untuk menabung, maka sama juga mengajarkan mereka untuk menghargai sebuah proses. Contohnya, ketika mereka ingin membeli sesuatu barang, maka dengan biasa menabung, karakternya terbentuk untuk mengumpulkan uang terlebih dahulu ketimbang meminta-minta ke orangtuanya.

“Jadi ini budaya yang baik sejak dini dan diharapkan jadi sebuah karakter. Kalau ingin membeli sesuatu itu hasil dari nabung,” ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini