Minat Menabung di Bank BUMN Syariah Meningkat 2 Kali Lipat

Rina Anggraeni, Jurnalis · Rabu 09 Desember 2020 18:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 09 320 2324730 minat-menabung-di-bank-bumn-syariah-meningkat-2-kali-lipat-hMbVJkEHC9.png Merger Bank BUMN Syariah. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mencatat dana pihak ketiga (DPK) pada Bank BUMN Syariah semakin meningkat. Artinya, banyak nasabah yang percaya untuk menabung di Bank BUMN Syariah dibandingkan konvesional.

Wakil Menteri BUMN II Kartika Wiroatmodjo mengatakan pertumbuhan DPK Bank BUMN Syariah mencapai 13,8%. "Hampir dua kali lipat dari pertumbuhan DPK Bank konvensional," kata Kartika dalam video virtual, Rabu (9/12/2020).

Baca Juga: Wamen Tiko Buka Peluang BTN Gabung Merger Bank Syariah BUMN

Lanjutnya, pada masa krisis ini, pertumbuhan dana di perbankan syariah juga tumbuh sangat cepat. Sehingga kondisi perbankan syariah itu sangat likuiditas, dan LDR perbankan syariah juga sangat rendah saat ini.

"Sehingga kemampuan bank syariah untuk berekspansi dan meningkatkan penyaluran kredit sangat besar peluangnya ke depan," bebernya.

Baca Juga: Siap-Siap, Bank Syariah BUMN Bakal Kebanjiran 13 Juta Nasabah

Selain itu, perbankan syariah jika dikelola dalam satu konsep akan berkembang pesat. Adapum, perbankan syariah menerapkan konteks fikih syariah.

"Ini memang tujuannya secara ekonomis kita harus menciptakan value creation," tandasnya.

Sementara itu, dirinya memastikan merger bank syariah, Bank Mandiri Syariah, Bank BRI Syariah dan Bank BNI Syariah akan membuat perbankan naik kelas.

Wakil Menteri BUMN II Kartika Wiroatmodjo menyakini, merger bank syariah BUMN akan naik kelas ke Buku IV yang ditargetkan selama satu tahun. Serta akan kebanjiran 13 juta nasabah baru di Bank Syariah BUMN.

Baca Juga: Merger, Bank Syariah Indonesia Terealisasi Februari 2021

"Diharapkan dalam waktu 1-2 th ke depan akan masuk ke buku 4 dengan jaringan kantor 1.200 cabang diharapkan jumlah nasabah bisa mencapai 13 juta. Ini lompatan besar yang diharapkan menjadi katalis pertumbuhan perbankan syariah," kata Kartika 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini