Siapkan 4 Hal Penting Ini Sebelum Melamar Pekerjaan

Alya Ramadhanti, Jurnalis · Kamis 10 Desember 2020 05:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 09 320 2324767 siapkan-4-hal-penting-ini-sebelum-melamar-pekerjaan-gHGI5wJbvo.jpg Tips Wawancara Kerja. (Foto: Okezone.com/Independent)

JAKARTA – Lulusan baru yang sedang mencari pekerja harus mempersiapkan segala sesuatu dengan baik. Bukan cuma lamaran yang perlu diperhatikan, tapi masih banyak hal lain yang mesti disiapkan.

Hal yang dimaksud ini penting dipersiapkan supaya bisa diterima masuk kerja. Tidak hanya mempersiapkan ijazah, transkrip nilai, dan sertifikat prestasi.

Melansir dari Real Simple, Kamis (10/12/2020) ada beberapa hal lain yang harus dilakukan untuk mempermudah mencari dan melamar pekerjaan.

1. Siapkan LinkedIn

Saat ingin melamar pekerjaan, tentu banyak hal yang mesti dipersiapkan. Mulai dari memperbarui CV, menyiapkan jawaban pertanyaan wawancara, dan lainnya.

Baca Juga: 6 Cara Hindari Konflik di Tempat Kerja, Nomor 5 Paling Susah Dijaga

Namun di samping itu, semua ada aspek modern penting dari pencarian pekerjaan yang perlu dilakukan, dan itu terjadi secara online, yaitu melalui LinkedIn.

LinkedIn merupakan situs yang membantu para profesional dan pencari kerja di seluruh dunia untuk membangun jaringan kerja mereka. Di mana sebagian besar penggunanya adalah profesional yang memiliki latar belakang bisnis.

2. Berinteraksi dengan Orang Berpengalaman

Cari tahu orang-orang yang memiliki pengalaman pada bidang pekerjaan yang sama. Ikuti akun media sosialnya dan mulailah untuk membangun komunikasi.

Baca Juga: Begini 4 Cara Berkomunikasi Baik dengan Bos saat WFH

Dengan begitu, akan banyak informasi dan pengetahuan yang didapat. Jika mulai mengakrabkan diri bisa menjadi peluang orang tersebut menawarkan pekerjaan.

3. Maksimalkan Penggunaan Media Sosial

Kini media sosial sangat berpengaruh bagi semua aspek. Sering lakukan pembaruan di Instagram, Twitter, Facebook, LinkedIn, Google. Posting informasi yang cerdas, menarik, dan bisa membranding skill dan kemampuan.

Kuasai juga informasi suatu perusahaan yang ingin dituju lewat media sosial. Pengusaha akan tertarik pada orang-orang yang menunjukkan semangat. dan yang memiliki pemahaman tentang apa yang baru di industri mereka.

4. Perhatikan Rekam Digital

Gunakan media sosial dengan pintar dan bijak. Bedakan mana konten yang sifatnya public dan mana yang privacy.

Setiap postingan yang diunggah, akan secara otomatis terekam dijejak digital sekalipun sudah dihapus. Ketika melamar pekerjaan akan sangat mungkin atasan mencari informasi tentang pelamar melalu jejak digitalnya. Maka dari itu, berhati-hati dalam mengunggah sesuatu ke media sosial.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini