Go Digital! Unit BCAP MNC Guna Usaha Siapkan Aplikasi Pembiayaan SIAP Haji & Umroh

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Kamis 10 Desember 2020 08:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 10 320 2324952 go-digital-unit-bcap-mnc-guna-usaha-siapkan-aplikasi-pembiayaan-siap-haji-umroh-jEd6Lxkav7.jpg Pelaksanaan Ibadah Umroh (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - PT MNC Guna Usaha Indonesia segera meluncurkan aplikasi pembiayaan haji dan umroh dengan nama Sistem Informasi dan Aplikasi Pembiayaan (SIAP) Haji dan Umroh.

Direktur Utama MNC Guna Usaha Indonesia Paulus Cholot Janala mengatakan saat ini perseroan terus melakukan konsolidasi internal untuk mengembangkan produk baru dan menyusun strategi bisnis.

Salah satu produk yang akan menjadi andalan perusahaan di retail adalah pembiayaan Haji atau SIAP Haji, menyusul besarnya potensi haji dan umroh di Tanah Air, yaitu 200.000 haji per tahun dan 800.000-1 juta umroh per tahun.

Baca Juga: HUT ke-6, MNC Leasing Targetkan Tumbuh 30% pada 2021, Hary Tanoesoedibjo: Sinergi Dorong Pertumbuhan

"Kami akan masuk ke segmen retail untuk pembiayaan dana Haji yang kita sebut SIAP Haji, secara pelan, tapi pasti juga akan kita digitalkan," kata Cholot, belum lama ini.

Melalui SIAP Haji & Umroh, MNC Guna Usaha Indonesia menargetkan sebanyak 1 hingga 2 juta jamaah Haji baru. MNC Guna Usaha Indonesia akan menyasar calon jamaah berpendapatan tetap.

Produk SIAP Haji dengan tagline "Mudah Pasti Berkah" akan memudahkan dan membantu calon jamaah Haji, termasuk mendapatkan nomor antrean porsi Haji di Kementerian Agama.

Baca Juga: MNC Peduli & MNC Guna Usaha Dukung Pemberdayaan Perempuan di Muara Gembong

Dia berharap ke depan semakin banyak masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim bisa berangkat Haji ke Mekkah.

Dengan go digital, MNC Guna Usaha Indonesia bisa menjangkau seluruh Indonesia.

Sebagai contoh aplikasi SIAP Haji dengan aplikasi itu tidak bergantung dengan cabang untuk mengembangkan bisnisnya. Aplikasi itu yang memungkinkan kita menjangkau seluruh lapisan masyarakat secara nasional.

PT MNC Guna Usaha Indonesia yang berada di bawah naungan PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP), telah banyak mengalami kemajuan dan pertumbuhan pesat sejak mulai beroperasi pada 2014, baik dari segi nilai aset dan indikator lainnya.

Di tahun 2020 ini, MNC Guna Usaha Indonesia mendapatkan penghargaan bergengsi sebagai perusahaan multifinance dengan predikat: Sangat Bagus pada kategori perusahaan pembiayaan dengan aset Rp500 miliar - Rp1 triliun yang diselenggarakan oleh Infobank.

Hal ini adalah kali kedua secara berturut-turut setelah pada tahun 2019 juga mendapatkan penghargaan yang sama.

Baca Juga: Kredit Modal Kerja MNC Guna Usaha dengan Bank Kalsel Diteken, Sektor Pembiayaan Prospektif

Capaian itu diraih MNC Guna Usaha Indonesia di tengah tantangan yang tidak mudah bagi semua industri sepanjang 2020, terutama sektor keuangan dengan keterbatasan sumber pendanaan dari perbankan dan pertumbuhan sektor riil yang melambat.

Meski demikian, MNC Guna Usaha Indonesia masih mampu membukukan keuntungan keuangan secara positif dan menjaga performanya dengan tingkat Non- Performing Financing (NPF) yang masih di bawah rata-rata industri.

Baca Juga: Gandeng Bank Kalsel, MNC Leasing Optimalisasi Penyaluran Kredit

“Keberhasilan kami menjaga NPF ini menunjukkan hasil kerja keras semua jajaran perseroan. Kami bersyukur bisa bertahan di tengah situasi ekonomi nasional yang tidak menentu dikarenakan pandemi Covid-19," kata Cholot.

Memasuki tahun 2021, pihaknya menargetkan pertumbuhan sebesar 30 persen dari nilai aset. Pertumbuhan ini akan ditunjang oleh produk pembiayaan yang akan berfokus di pembiayaan alat-alat kesehatan, pembiayaan Supply Chain Financing dan Dana Haji.

"Kami optimistis tahun 2021, Perseroan akan mampu tumbuh dan berkembang dengan lebih baik melalui strategi diversifikasi bisnis,“ ujarnya.

Untuk produk pembiayaan, alat-alat berat dan anjak piutang, perseroan akan lebih fokus untuk mempertahankan debitur existing yang memiliki performa yang baik.

Dengan tema "Transformation For A Bright Future", diharapkan seluruh tim MNC Leasing termotivasi untuk terus bertransformasi ke arah yang lebih baik, terutama dari pengembangan produk, penggunaan teknologi informasi secara lebih masif dan etos kerja karyawan yang lebih efektif dan efisien dalam bekerja, sehingga hal-hal tersebut akan berkontribusi positif kepada perseroan di masa mendatang.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini