Cukai Rokok Naik, Negara Bisa Untung Rp173,78 Triliun

Rina Anggraeni, Jurnalis · Kamis 10 Desember 2020 14:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 10 320 2325177 cukai-rokok-naik-negara-bisa-untung-rp173-78-triliun-iUsfO7VSCP.jpg Cukai Rokok Naik 12%. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memastikan kenaikan cukai hasil tembakau (CHT) atau cukai rokok akan menguntungkan negara. Di mana cukai rokok naik sebesar 12,5%.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan, pemerintah menargetkan penerimaan negara dari cukai tahun depan lebih besar dari tahun ini. Dari total penerimaan cukai tahun depan tersebut, dari CHT ditargetkan sebesar Rp173,78 triliun.

Baca Juga: Sri Mulyani: Kenaikan Cukai Bisa Tekan Rokok Ilegal

"Kita memastikan target cukai rokok bisa naik. Tahun 2021 di dalam APBN ditargetkan penerimaan negara dari CHT adalah Rp173,78 triliun," ujar Sri Mulyani dalam video virtual, Kamis (10/12/2020).

Kata dia, pemerintah juga ingin melindungi para pekerja di sektor usaha tersebut. Hal itu utamanya pada rokok golongan sigaret kretek tangan (SKT) yang tarif cukainya tidak naik pada tahun depan. Industri tersebut saat ini sedang mempekerjakan 158.552 orang.

Baca Juga: Sah, Tarif Cukai Rokok Naik 12,5%

Demikian pula pertimbangan nasib para petani tembakau. Sri Mulyani juga menghitung tingkat serapan tembakau dari petani lokal oleh industri.

"Kenaikan tarif cukai sigaret kretek yang lebih rendah dan kenaikan tarif cukai sigaret putih, bahkan SKT dalam hal ini tidak mengalami kenaikan, diharapkan akan memberikan kepastian kepada penyerapan hasil tembakau para petani," tandasnya.

Sebelumnya, tarif cukai rokok resmi naik sebesar 12,5% pada tahun depan. Hal ini diputuskan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

"Kita menaikan cukai rokok dalam hal ini 12,5% kenaikannya," kata Sri Mulyani dalam video virtual.

Kebijakan hasil tembakau ini seusai dengan visi dan misi Presiden Joko Widodo (Jokowi). Adapun visi dan misi ini untuk lebih maju dan unggul untuk sumber daya manusia (SDM).

"Kebijakan ini meningkatkan komitmen kita berbagai aspek dari cukai tembakau ini," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini