8 Cara Bangun Energi Positif di Rumah Berdasarkan Feng Shui

Alya Ramadhanti, Jurnalis · Sabtu 12 Desember 2020 05:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 11 470 2325815 8-cara-bangun-energi-positif-di-rumah-berdasarkan-feng-shui-0fGTJOEa7s.jpeg Foto Rumah: Ilustrasi Shutterstock

JAKARTA - Feng shui merupakan ilmu topografi kuno Tiongkok yang mempercayai bahwa suasana seimbang dalam ruangan akan menciptakan energi positif. Diterjemahkan secara harfiah, feng shui berarti 'air angin.' Angin menyebarkan energi dan air menahan energi. "

Priya Sher, ahli Feng Shui dan pembawa acara Nectar Life Hacks, menjelaskan prinsipnya adalah menjaga agar kita hidup selaras dengan lingkungan. Tujuannya adalah untuk mencapai keseimbangan dalam hidup.

"Rumah adalah cerminan dari penghuninya," tambahnya. "Jika ada bagian yang hilang, terabaikan atau memiliki energi negatif, maka ini tercermin dalam kehidupan penghuninya."

Baca Juga: Fengshui Rumah Tropis Menghadap Timur, Ini yang Harus Dilakukan

Dilansir dari House Beautiful, Jumat (11/12/2020) Priya Sher membagikan tips utamanya untuk setiap ruangan di area rumah.

1. Pintu depan harus dalam kondisi bagus

Pintu depan melambangkan kekayaan. Maka dari itu harus selalu dalam kondisi yang bagus.

Untuk menarik energi ke pintu depan, tempatkan tanaman yang indah di kedua sisi.

2. Rapikan ruangan dibalik pintu masuk

Lorong dibalik pintu masuk mewakili sebuah peluang. Pastikan ruangan tersebut tetap rapi sehingga energi dapat bersirkulasi.

Untuk mengaktifkan chi yang bermanfaat di ruangan, letakkan cermin yang indah dan bunga segar. Bunga segar bisa meningkatkan energi ruang.

Baca Juga: Aturan Fengshui, Bagian Belakang Rumah Harus Lebih Tinggi dari Depan

3. Jangan biarkan kompor dan wastafel bentrok

Dapur merupakan ruang vital karena energinya merepresentasikan makanan dan harmoni hubungan bagi penghuninya. Hindari penggunaan warna merah dan hitam untuk bagian dapur. Posisi kompor juga penting, jangan diletakkan di bawah jendela atau berhadapan langsung dengan pintu depan.

Pastikan tidak meletakkan wastafel dan kompor saling berhadapan. Hal itu dapat menyebabkan pertengkaran antara pasangan. Wastafel menggambarkan air, dan kompor seperti api, dua material yang tidak bisa bersatu.

rumah

4. Atur furnitur ruang tamu secara optimal

Pastikan furnitur di ruang tamu proporsional dengan luas ruangan. Jangan halangi pintu apa pun dengan furnitur.

Posisikan sofa utama membelakangi dinding untuk menopang penghuninya. Untuk mengaktifkan energi kekayaan, letakkan lampu di sudut ruangan.

5. Pantulkan cahaya di ruang makan

Ruang makan merupakan pertimbangan penting dalam Feng Shui. Untuk mengoptimalkan energi di ruangan ini, letakkan cermin di dinding untuk memantulkan meja makan dan letakkan bunga segar di atas meja.

Dalam Feng Shui, ruang makan berhubungan dengan limpa, yang berhubungan dengan elemen bumi. Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, bumi berkaitan dengan pencernaan.

6. Pilih cat netral untuk kamar tidur

Untuk menjadikan tidur nyenyak, kamar tidur harus berwarna netral terang. Tempat tidur juga harus memiliki sandaran kepala.

Idealnya, ranjang tidak boleh sejajar dengan pintu kamar tidur. Tempatkan meja di kedua sisi ranjang. Letakkan lampu melengkung dan lilina aromaterapi di meja samping tempat tidur untuk menciptakan energi romantis.

7. Tutup pintu toilet

Selalu jaga kebersihan kamar mandi dan ruang rias. Pastikan untuk selalu menutup pintu dan toilet (jika menggunakan toilet duduk). Jika dibiarkan terbuka, hal ini menyebabkan kekayaan bisa terkuras.

Tambahkan tanaman di dalam toilet. Untuk meredam dan memperlambat aliran kekayaan yang terkuras..

8. Rawat halaman depan dan belakang

Taman depan mewakili masa depan, jadi pastikan selalu cantik. Tanamlah bunga dan tanaman yang indah, rawat agar selalu rapi.

Taman belakang mewakili kesehatan dan kekayaan, jadi pastikan juga merawatnya dengan baik. Batasan pagar dan tembok harus selalu dijaga dengan baik untuk memberikan dukungan kepada penghuninya.

https://www.housebeautiful.com/lifestyle/organizing-tips/a14702089/positive-energy-into-home-using-feng-shui/

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini